Rabu, 20 November 2019

Daftar isi [Tampil]
4 Tahapan Mengatasi Shockreaker Depan Keras ini kami rangkum dari beberapa sumber sehingga tersaji secara lengkap, dan mungkin akan sangat membantu bagi yang membutuhkan.

Secara tidak langsung, tidak sedikit para pengguna sepeda motor yang merasa kenyamanan dalam berkendara sangat berkurang.

Hal tersebut bisa disebabkan salah satu faktor yang diantaranya ialah shockbreaker bagian depan terasa keras (kaku). Sehingga memerlukan hal yang penting untuk dilakukan.

Nah, apabila memang sudah terasa jika sokbraker depan mengeras, maka akan lebih baik jika melakukan penyetelan ulang pada bagian tersebut.

Akan tetapi, penerapan untuk menyetel shockbreaker tersebut tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya ada tahapan yang perlu diperhatikan.

4 Tahapan Mengatasi Shockreaker Depan Keras

4 Tahapan Mengatasi Shockreaker Depan Keras

Dilansir dari federal.co.id, setting atau mengatur suspensi depan tidak boleh secara asal. Dalam hal ini dijelaskan bahwa ada 4 tahapan yang umum dilakukan oleh mekanik harian ataupun untuk motor balap.

Beberapa diantaranya ialah mencakup penambahan oli pada sokbraker, mengecilkan liang suling, mengganti per yang keras, atau bisa diganjal dengan ring (washer).

Untuk mengetahui langkah dari tahapan yang lebih jelas, berikut kami sudah merangkumnya untuk anda.

1. Menambah Oli Shockbraker

Masuk pada langkah yang pertama, yakni dengan menambah oli sok depan namun dengan takaran yang sesuai. Dalam hal ini, maksimal sebanyak 5 cc dari standar.

Jika melebihi takaran tersebut, maka akan menjadikan ruang kosong pada tabung sok menyempit. Sebagai dampaknya, ketika memperoleh tekanan, cairan yang seharusnya pindah keruang yang lain, akan tidak berfungsi.

Dalam hal ini seperti halnya suspensi yang sudah masti. Akan tetapi, pabrikan melarang ganti oli sok SAE-10 dengan oli lain. Pasalnya jenis dari tingkat kekentalan akan berbeda.

Apabila terlalu kental, maka akan sulit dalam melewati lubang suling, serta akan berdampak pada sok yang menjadi limbung.

2. Mengecilkan Lubang Suling

Sedangkan untuk langkah kedua, ialah dengan mengecilkan lubang suling guna menahan derasnya aliran oli didalam sok.

Hal ini umumnya dilakukan pada motor balap, sehingga memberikan efek pantulan atau rebound yang lebih lambat.

Akan tetapu, pekerjaan ini memerlukan ketelitian serta bantuan tukang las. Sebab apabila lubang terlalu kecil, maka oli tidak akan bersirkulasi dengan baik.

3. Mengganti Per (pegas)

Langkah ketiga yang bisa dilakukan ialah dengan mengganti per. Namun, panjang dari per pengganti harus sama, supaya tidak menekuk ketika dipasang.

Menurut yang yang dijelaskan oleh para ahli, semakin per banyak ulir (rapat), maka tentu akan memperoleh hasil yang lebih keras.

Sebagai contoh ialah motor Vario yang bisa memakai per sok depan Karisma atau Supra X. Pasalnya panjang dari per sama, namun sedikit lebih keras.

4. Mengganjal Ring

Langkah keempat sekaligus yang terakhir, ialah dengan mengganjal ring. Meski pada dasarnya tidak terlalu disarankan, akan tetapi beberapa mekanik juga memperbolehkan namun dengan syarat.

Yakni ring (washer) yang dipakai merupakan orisinal sehingga tidak mudah terkikis. Pasalnya, gram-gramannya mampu menyumbat lubang suling, atau bahkan bisa merusak sil dan as dari sok.

Bagaimana? Cukup sederhana bukan? Pada dasarnya beberapa langkah diatas sangatlah mudah. Namun harus melalui tahapan dari proses yang sesuai.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai 4 Tahapan Mengatasi Shockreaker Depan Keras. Semoga bisa membantu!

Next article Next Post
Previous article Previous Post