Rabu, 20 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Cara Merawat Motor Honda C70 Termudah ini mungkin sudah tidak asing bagi beberapa kalangan. Pasalnya meski tergolong keluaran tahun lawas, akan tetapi pesona dari Honda Cub 70 masih belum kehilangan pamor.

Seperti yang kita ketahui pada jaman sekarang ini, banyak dari klub sepeda motor yang lebih berburu motor klasik, dibanding dengan membeli motor keluaran baru dari dealer.

Hal tersebut lantaran motor kuno sangatlah unik, serta mempunyai kesan retro yang memang bisa memenuhi tuntutan gaya pada jaman seperti sekarang ini.

Apabila menyimak dari beberapa nama pada berbagai daerah, karena begitu populernya Honda C70, tentu dikenal dengan berbagai sebutan dan nama panggilan.

Seperti halnya dikenal dengan motor Honda Walang, Jangkrik, Cekupluk, Kuntul, Ulung, Minthi, Astuti, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun yang paling familiar ialah Honda Ulung.

8 Cara Merawat Motor Honda C70 Termudah

8 Cara Merawat Motor Honda C70 Termudah

Yang menjadi pertanyannya adalah, bagaimana cara merawat motor honda c70 agar tetap bekerja optimal. Dalam hal ini semua motor memang butuh perawatan yang serius. Sehingga tidak berpatok pada Honda walang saja.

Nah, berperan sebagai salah satu referensi yang mungkin dibutuhkan, dibawah ini kami sudah merangkum beberapa cara untuk merawat motor  Honda Cub 70.

Pada dasanrya terbilang sangat sederhana, namun jika dilakukan dengan benar, maka motor lawas anda akan tetap terawat, atau bahkan kondisi mesinnya pun akan bagus.

1. Ganti Oli Secara Rutin

Seperti yang kita ketahui, oli mesin merupakan salah satu komponen yang wajib ada pada motor. Jika tingkat kekentalan sudah berkurang, maka secara otomatis kinerja mesin pun akan terasa kurang nyaman.

Oli mempunyai fungsi untuk melumasi komponen pada mesin. Sehingga komponen tersebut tidak cepat aus atau termakan oleh gesekan.

Nah untuk mengecek oli sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, yakni bisa dirasakan ketika mengendari sepeda motor yang dimaksud.

Akan tetapi, bisa juga dengan melihat warna dari oli, ketika sudah menghitam, maka akan lebih baik jika diganti dengan yang baru.

Dalam hal ini dianjurkan untuk melakukan pengecekan secara rutin, apabila speedometer aktif, maka bisa diukur hingga 12 ribu kilometer untuk satu kali penggantian.

Tujuan dari penggantian oli ialah untuk menjaga sparepart (komponen mesin) tetap bekerja maksimal. Dan penting pula, jang terlalu sering mengganti merek oli yang dipakai.

Pasalnya pada setiap produk, mempunyai tingkat kekentalan yang berbeda, sehingga mungkin saja mesin akan adaptasi kembali dengan level kekentalan tersebut.

2. Cek Kondisi Rantai Dan Gear

Ketika anda baru membeli motor C70, kemudian ingin membuat kinerja lebih maksimal, tentu hal pertama yang perlu di cek ialah kondisi rantai dan gear.

Dalam hal ini, tingkat kendur dari rantai sangat perlu diperhatikan. Hal tersebut untuk berjaga-jaga supaya tidak terlepas jika terlalu kendur, atau mungkin putus ketika terlalu kencang.

Perlu diperhatikan pula, usahakan kondisi rantai tidak kering atau hingga korosi (berkarat). Pasalnya rantai akan berbunyi dan menimbulkan suara yang berisik.

Sebagai tipnya ialah dengan memberikan pelumas berupa oli atau minyak lain supaya kondisi rantai tidak kering. Akan lebih baiknya jika menggunakan cairan pembersih rantai.

Untuk langkah lanjutan, cek gear bagian depan dan belakang, jika sudah tajam (gigi gear), maka akan lebih baik diganti baru. Tujuannya supaya tidak terjadi hal-hal yang di inginkan.

3. Cek Kondisi Aki (Baterai)

Tidak bisa dipungkiri bahwa aki (Accu) merupakan elemen penting pada dunia motor. Pasalnya spartpart ini berfungsi sebagai penyuplai listrik untuk kendaraan.

Dalam hal ini, sangat penting untuk menjaga kondisi aki. Lebih tepatnya supaya air pada aki tidak melewati batas minimum ataupun maksimum.

Jika tidak diterapkan dengan benar (pengaturan ketinggian air aki), maka bisa berdampak pada kerusakan sel-sel di dalam accu.

Terlepas dari itu, ketika aki sudah dirasa mengalami penurunanan daya, atau listrik yang dikeluarkan sudah lemah. Maka akan lebih baik jika diganti dengan yang baru.

Pasalnya jika dipaksakan, maka bisa saja akan menibulkan korosi pada kutub positif ataupun negatif yang pada akhirnya menimbulkan bahaya. Khususnya ketika korosi tersebut menyebar hingga pada bagian yang lain.

Jika korosi sudah terlanjur terjadi, dan menyebar pada yang lain, sangat tidak mustahil jika listrik yang dihantarkan akan menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain.

Tentu hal ini terbilang penting untuk diperhatikan, ketika mesin sulit dinyalakan, starter electric tidak berfungsi, atau bahkan kick starter pun tidak nyala.

Maka tidak dianjurkan untuk menyalakan motor dengan cara didorong. Pasalnya hal tersebut bisa memicu kerusakan pada gigi transmisi.

Akan lebih baik jika motor di service, serta dilakukan penggantian aki supaya kinerja lebih maksimal.

4. Cek Selang Bensin

Meski terasa sangat sepele, akan tetapi selang bensin merupakan elemen yang sangat vital pada sistem pembakaran. Hal tersebut dikarenakan selang ini mempunyai peranan penting untuk menghantar bensin ke karburator.

Apabila selang bensin tersumbat, maka akan berdampak pada performa motor yang kurang maksimal. Oleh karena itu, pengecekan pada selang ini sangatlah penting untuk dilakukan.

Ketika sudah kotor, atau diketahui sedikit tersumbat, maka akan lebih baik jika selang bensin dibersihkan.

Tips lainnya tentang selang bensin pun sangatlah mudah, yakni dengan mengganti selang bensin yang sudah mengeras, atau sudah retak.

Karena secara umum selang tersebut elastis (lentur), sehingga perlu diganti untuk mencegah bocor atau hal lain yang bisa berdampak buruk.

5. Periksa Kabel Coil Dan Busi

Karena masuk pada jenis motor yang sudah tua, tentu kabel coil yang terhubung dengan arus listrik ke busi, sangat perlu untuk dicek kondisinya.

Ketika sudah retak dan dirasa sudah berumur, maka kabel tersebut akan mengeras. Sehingga akan lebih baik jika diganti dengan yang baru.

Dalam hal ini busi pun juga perlu dikontrol, apabila percikan api sudah kecil atau bahkan tidak ada listrik sama sekali, maka ganti pula pemicu sistem pembakaran tersebut.

Pengecekan dua elemen ini sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri dirumah tanpa harus pergi ke bengkel atau sejenisnya.

6. Servis Secara Rutin

Meski sudah dilakukan beberapa hal yang sudah kami sebutkan diatas, namun tidak di servis. Maka kami rasa langkah tersebut sangatlah percuma.

Sebab motor yang diservis akan setting supaya mempunyai kinerja yang optimal. Seperti halnya kekencangan klep, atau juga setelan lain pada karburator.

Jadi proses servis ini bisa dilakukan pada saat ingin mengganti oli. Sehingga hasil yang nantinya diperoleh bisa memuaskan.

7. Gunakan Sparepart Original

Karena Honda merupakan motor sejuta umat, tentu tidaklah sulit untuk memperoleh sparepart yang dibutuhkan.

Meski terbilang mempunyai harga sedikit mahal, akan tetapi sparepart asli akan lebih awet dari sisi pemakaian.

Pasalnya semua sudah terukur dan memang dikhususkan untuk jenis motor tertentu. Sehingga tanpa perlu modifikasi, atau hal lain supaya komponen tersebut pas untuk dipasang.

Dengan menggunakan sparepart asli, tentu motor pun tetap seperti fungsi sebagaimana aslinya. Tanpa ada perubahan, atau hal lain yang bisa memicu kerusakan pada komponen lain.

8. Rutin Memanaskan Motor Sebelum Digunakan

Jika yang ingin anda kendarai merupakan motor injeksi, mungkin proses pemanasan seperti ini tidaklah diperlukan.

Akan tetapi, hal tersebut berbanding terbalik jika motor anda termasuk pada seri jadul. Sehingga sistem pengapiannya pun masih menerapkan sistem lama.

Dalam hal ini, langkah awal untuk memanaskan ialah dengan menggunakan kick starter dalam keadaan kunci kontak off (mati), Setidaknya hingga beberapa kali terjangan.

Tujuannya ialah supaya oli yang mengendap bisa menyebar pada seluruh komponen mesin yang bergerak.

Baru selanjutnya bisa dinyalakan paling tidak 2 menit sebelum dikendarai. Tips ini sangat cocok diterapkan pada pagi hari sebelum anda menjalankan aktivitas kerja.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Semua tergantung dengan penilaian masing-masing. Yang jelas, dari step by step yang kami tulis, sudah merupakan pembahasan umum pada penyedia informasi lain.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 8 Cara Merawat Motor Honda C70 Termudah. Semoga bisa membantu!

Next article Next Post
Previous article Previous Post