Rabu, 20 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Tips Meninggalkan Motor Injeksi Dalam Waktu Lama pada dasarnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Pasalnya semua orang bisa menjaga dan mengantisipasi terjadinya kerusakan pada motor.

Nah, dengan kondisi meninggalkan motor dalam waktu lama di dalam rumah, tentu akan membuat motor tersebut terbengkalai.

Apalagi jika ditinggal untuk pulang kampung, merantau, atau kondisi lain yang menuntut kita untuk meninggalkan motor tersebut dalam jangka waktu relatif lama.

Sehingga dalam hal ini, anda diharuskan untuk lebih kreatif dan paham dengan cara meninggalkan motor untuk tidak dinyalakan dalam waktu lama.

8 Tips Meninggalkan Motor Injeksi Dalam Waktu Lama

8 Tips Meninggalkan Motor Injeksi Dalam Waktu Lama

Meninggalkan motor dirumah ataupun ditempat kerja, tidak hanya dijaga dari sisi keamanan saja, melainkan juga perlu diperhatikan dari segala aspek.

Baik itu tentang keawetan mesin, kondisi pengamanan bodi dan rangka, dan juga menjaga ban motor supaya tidak rusak.

Nah, yang sering dipertanyakan ialah, Bagaimana cara supaya motor tidak rusak meski ditinggal dalam waktu lama atau kondisi motor jarang (tidak) digunakan?

Jawabannya terbilang sederhana, untuk lebih lengkapnya bisa dicek pada daftar yang sudah kami rangkum dibawah ini.

1. Lepas Saluran Aki

Ketika motor tidak dinyalakan (dipakai) dalam waktu lama, maka secara tidak langsung pengisian listrik pada aki pun tidak terjadi.

Pada beberapa jenis motor tertentu, akan akan tetap terkuras lantaran masih ada perangkat elektronik yang akti. Sehingga bisa saja aki tekor atau bahkan yang terparah bisa soak.

Jadi, usahakan untuk melepas aki supaya lebih hemat. Serta bisa di pasang kembali jika motor sudah hendak digunakan.

2. Cek Kondisi Tangki Bensin

Ketika mesin motor tidak pernah dinyalakan, maka bensin pada tangki akan menguap serta menimbulkan dampak korosi atau berkarat.

Dampak yang paling umum ialah muncul karat didalam tangki, atau bahkan yang terparah hingga keropos.

Nah untuk mengakali hal tersebut, ada baiknya jika mengisi tangki bensin hingga full, atau dikosongkan hingga benar-benar kering.

Jika hal tersebut sudha dilakukan, maka anda pun akan lebih nyaman untuk berpegian atau meninggalkan motor.

3. Ganti Oli Mesin

Meski dinyatakan mesin motor tidak menyala dalam waktu lama, akan tetapi semua komponen yang terdapat didalam mesin memerlukan perlindungan penuh.

Bisa saja jika oli yang mengendap akan mengurangi tingkat kekentalan, sehingga bisa saja menjadi pemicu dari kerusakan komponen yang dimaksud.

Sebagai salah satu tipsnya, ialah dengan mengganti oli mesin sebelum digunakan. Tujuannya ialah supaya motor lebih mudah untuk dihidupkan kembali.

4. Gunakan Kick Starter

Mungkin tips ini hanya berlaku pada jenis motor yang sedikit lawas saja. Pasalnya untuk yang keluaran terbaru, kebanyakan motor sudah tidak memasang kik starter.

Hal ini bisa dilakukan ketika pertama kali mesin motor dinyalakan setelah motor lama ditinggal. Tujuannya ialah supaya oli yang mengendap bisa menyebar lebih merata sebelum mesin hidup.

Langkah ini juga meminimalisir adanya kerusakan pada aki, sehingga tidak langsung menarik mesin yang olinya belum menyebar. Baca dengan benar langkah pada poin 1 diatas.

5. Jaga Kebersihan Motor

Tidak ditinggalkan begitu saja, sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkan motor dalam kondisi yang kotor.

Pasalnya hal tersebut bisa saja menimbulkan korosi dan karat yang memicu adanya kerusakan pada beberapa komponen bodi motor.

Hal yang paling penting ialah dengan mencuci motor terlebih dahulu, pastikan kondisi dalam keadaan kering dan bersih ketika hendak bepergian.

6. Gunakan Standar Tengah

Jika secara umum, angin pada ban motor setiap harinya akan berkurang. Sehingga secara tidak langsung ban tersebut akan menjadi kempis.

Nah, untuk mencegah kerusakan, bisa dengan melakukan standar tengah, serta mengganjal ban depan dengan kayu tipis ataupun kardus.

Hal tersebut guna mencegah ban kempis, dan retak lantaran terlalu lama dalam kondisi sama.

7. Perhatikan Lokasi Motor

Bisa dibilang bahwa tips yang satu ini paling sederhana dibanding yang lain. Pasalnya anda hanya dituntut untuk memperhatikan lokasi motor ketika hendak ditinggal.

Usahakan memilih lokasi (tempat) yang teduh, supaya bodi motor tidak terpapar cahaya matahari secara langsung. Yang bisa saja membuat cat menjadi redup, pudar, dan rusak.

Akan lebih baik jika anda meninggalkan motor dibawah atap (bagasi), sehingga aman dari beberapa hal yang tidak di inginkan.

8. Menggunakan Cover Motor

Untuk memastikan motor tidak kotor, atau untuk mencegah menarik perhatian orang (maling,dll). Akan lebih baik jika motor ditutup dengan cover kain atau yang lainnya.

Cover ini mempunyai peranan yang cukup lengkap. Dari mencegah kepanasan (terpapar sinar matahari), mencegah dari debu, hewan seperti tikus, dan juga lebih aman dari sisi maling.

Dengan begitu, anda bisa meninggalkan motor tanpa harus berpikir yang tidak-tidak.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Beberapa hal dari tips diatas sangatlah sederhana. Akan tetapi terkadang tidak terpikir ketika memang benar-benar dibutuhkan.

Mungkin hanya itu saja pembahasan tentang 8 Tips Meninggalkan Motor Injeksi Dalam Waktu Lama. Semoga bisa membantu.

Next article Next Post
Previous article Previous Post