Rabu, 06 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Cara Memanaskan Motor Honda Beat Injeksi pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan postingan kami sebelumnya. Yakni mengenai Cara Memanaskan Yamaha NMAX.

Akan tetapi, karena teknologi yang diterapkan berbeda, mungkin tata cara untuk untuk melakukan perawatan pun juga berbeda.

Nah, sebagai pelengkap dari beberapa postingan kami terdahulu, maka tidak ada salahnya jika kami update tentang tips dan triks memanaskan honda beat injeksi.

Seperti apa? Untuk memperoleh jawaban lebih lengkap, maka akan lebih baik jika anda menyimak artikel ini hingga selesai.

Cara Memanaskan Motor Honda Beat Injeksi

Cara Memanaskan Motor Honda Beat Injeksi

Seperti yang diketahui, Honda Beat menjadi jenis motor sejuta umat yang sangat laris dipasaran. Pasalnya, selain harga murah, tentu body pun terbilang trendi untuk dikendarai.

Terlepas dari itu, jenis perawatan yang perlu dilakukan pun terbilang sangat sederhana. Sehingga anda selaku pengguna baru, tidak perlu pusing untuk memikirkan tentang perawatan.

Honda Beat FI (Fuel Injection), memerlukan sedikit pemanasan agar kinerja mesin lebih maksimal. Sehingga ketika dikendarai pun akan terasa lebih nyaman.

Akan tetapi, dengan teknologi Electronic Control Unit (ECU) pada Honda Beat, bisa juga tanpa perlu pemanasan motor langsung jalan.

Sehingga ketika anda sedang buru-buru, cukup nyalakan sebentar dan bisa langsung untuk berkendara pada kebutuhan sehari-hari.

Namun sekedar untuk berjaga-jaga, maka tips berikut mungkin bisa anda manfaatkan supaya mesin motor lebih awet dan tercegah dari kerusakan komponen.
  1. Usahakan motor dalam keadaan di standar tengah.
  2. Nyalakan mesin dengan kick starter (tapi untuk keluaran terbaru ada yang tanpa fitur ini). Jadi bisa langsung menggunakan starter atas (listrik).
  3. Biarkan mesin menyala (hidup) sekitar 30 hingga 60 detik.
  4. Dan motor Honda Beat anda pun sudah bisa langsung digunakan.
Sebagai tambahan catatan, motor matic dengan sistem injeksi pada dasarnya tidak memerlukan pemanasan. Apalagi motor tersebut digunakan setiap hari.

Namun jika mesin sudah lama tidak dinyalakan, maka akan lebih baik jika melakukan tips tersebut. Sehingga oli didalam mesin bisa bersirkulasi baik sebelum benar-benar di geber.

Sebagai langkah lanjutan untuk merawat Honda Beat Fuel Injection, berikut tips yang bisa anda terapkan. Simak baik-baik ya!

Tips Merawat Motor Honda Beat Injeksi (Fuel Injection)

Jika dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk merawat besin honda beat tetap bekerja optimal.

Jika jenis atau merek kendaraan anda sama, maka sudah tepat jika membaca referensi dibawah ini. Sebab anda bisa merawat motor dengan cara yang benar dan juga tetap awet.

1. Rutin Memanaskan Mesin

Tips ini mungkin sudah bisa anda simak pada tutorial sederhana diatas. Sebab, dengan dipanaskan terlebih dahulu, maka mesin tidak akan kaget.

Terlepas dari itu, oli yang mengendap pada bagian bawah mesin ketika mati, akan kembali menempel pada bagian yang diperlukan.

Dengan kata lain, kinerja mesin akan maksimal. Dan juga mencegah komponen didalamnya tidak cepat aus.

2. Selalu Cek Kondisi Mesin

Jika menurut dari apa yang tertera pada buku pedoman pemilik, tentu anda sudah paham dengan tata cara merawat mesin motor Honda Beat.

Setidaknya anda diharuskan menyervis motor ketika speedo sudah menunjukkan 2000 hingga 2500 km. Atau minimal anda melakukan penggantian oli.

Jika ingin perawatan yang lebih maksimal, bawa buku servis dan kunjungi dealer tempat anda membeli motor.

Sehingga pelayanan dan perawatan yang diperlukan bisa lebih tepat. Sebab beberapa komponen akan dicek secara menyeluruh.

3. Cek Kondisi Aki Secara Rutin

Motor injeksi, khususnya yang menggunakan teknologi ECM atau ECU, mengandalkan kestabilan sistem listrik pada motor.

Salah satu komponen paling penting tersebut adalah aki. Pasalnya sistem injeksi yang dikendalikan oleh komputer tersebut, membutuhkan kondisi kelistrikan yang stabil.

Namun bagi pengguna Honda Beat FI, sedikit lega dan tidak perlu khawatir. Pasalnya motor ini sudah menggunakan aki kering.

Maka secara tidak langsung akan sangat minim perawatan. Namun tetap harus dicek secara berkala. Tujuannya ialah untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

4. Gunakan Bahan Bakar Dengan Oktan Tinggi

Tidak mau menyalahkan orang Indonesia yang lebih suka menggunakan besin (premium), namun jenis BBM ini ternyata kurang maksimal untuk mesin dengan sistem injeksi.

Nahkan bisa dikatakan, oktan pada bensin masih kalah dengan pertalite. Sehingga jika pindah menggunakan pertalite dari bensin, mungkin tarikan mesin akan lebih ringan.

Namun untuk tingkat standar yang ada di Indonesia, akan lebih baik menggunakan Pertamax. Sebab level oktan lebih tinggi dan mesin pun tidak cepat overheat.

5.Cek ECU Secara Rutin

Untuk yang satu ini anda tidak bisa melakukan sendiri. Sehingga perlu ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan ECU yang benar.

Setidaknya anda lakukan antisipasi, sebelum terjadi kerusakan pada sistem tersebut. Paling tidak di selang-seling. Yakni dengan 1 kali servis biasa di bengkel, dan 1 kali di bengkel resmi (AHASS).

Begitupun seterus sehingga sistem ECU tersebut akan tercegah dari masalah ataupun kerusakan komponen.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Cara Memanaskan Motor Honda Beat Injeksi. Semoga bisa membantu.

Next article Next Post
Previous article Previous Post