Selasa, 05 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Untuk bisa menerapkan Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX, tentu tidaklah sulit atau bahkan tanpa harus melalui proses pemanasan tersebut.

Pasalnya, untuk saat ini teknologi terus mengalami perkembangan, termasuk juga dalam dunia otomotif.

Sehingga untuk jenis motor baru yang saat ini terjual, sudah meninggalkan jenis sistem pembakaran yang menggunakan karburator.

Lebih tepatnya dengan beralih ke sistem injeksi yang diklaim bisa lebih irit bahan bakar dan juga ramah lingkungan.

Meski begitu, tentu penggunaan karburator ataupun injeksi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sehingga menimbulkan pertanyaan apakah sama cara memanaskan motor dengan karburator dan motor matic yang mayoritas menggunakan injeksi.

Nah, berfokus pada motor Yamaha NMAX, disini kami akan menjabarkan tentang beberapa tips untuk menghangatkan mesin. Seperti apa? Simak artikel ini hingga selesai ya!

Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar

Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar

Sekedar informasi, motor matic injeksi saat ini dilengkapi dengan teknologi Engine Control Module (ECM), yang merupakan pusat kontrol sepeda motor.

Khususnya bagi yang menggunakan sistem injeksi. Uniknya, komponen elektronik ini akan membaca kondisi mesin serta mengatur pengapian pada ruang pembakaran agar sesuai kebutuhan.

Jika dulunya memanaskan motor dengan sistem karburator, mungkin membutuhkan durasi lebih lama, atau harus memutar handle gas untuk memaksimalkan.

Akan tetapi, ternyata untuk memanaskan motor injeksi selayaknya Yamaha NMAX, tidak butuh waktu lama dan mungkin berbanding terbalik dengan karburator.

Tips Memanaskan Motor Yamaha NMAX

  1. Usahakan motor dalam keadaan di standar tengah (jika tidak langsung dikendarai).
  2. Nyalakan motor setidaknya 30 detik (lebih sebentar pun tidak apa-apa). Namun jangan terlalu lama.
  3. Pertama menyala, mesin akan terdengar lebih cepat, namun akan berubah pelan ketika sudah pas.
  4. Selesai! anda bisa mematikan mesin, atau langsung dijalankan.
Sebagai penjelasan lanjutan, ketika memanaskan mesin motor NMAX, kita tidak perlu waktu lama atau hingga digeber.

Pasalnya hal tersebut hanya cukup dengan menyalakan mesin setidaknya 30 hingga 60 detik saja. Itupun dengan asumsi motor tidak dinyalakan selama kurang lebih 12 jam.

Alasan dibalik cepatnya durasi pemasan, ialah dikarenakan sudah dilengkapi teknologi ECM seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Sehingga dengan menyalakan mesin sebentar saja, maka oli sudah mampu menyebar (bersirkulasi) dengan baik pada putaran mesin stasioner.

Justru jika terlalu lama memanaskan mesin, bahan bakar yang digunakan lebih boros (dibuang sia-sia). Bahkan juga membuat knalpot cepat panas yang berpengaruh pada umur cat knalpot tersebut.

Pada dasarnya, motor injeksi dengan teknologi ECM, seperti halnya Yamaha NMAX. Tidak perlu dipanaskan untuk bisa dikendarai.

Dalam hal ini, juga sangat kecil kemungkinan muncul gejala mesin brebet seperti yang terjadi pada mesin dengan sistem karburator.

Sekian untuk Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post