Sabtu, 30 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Bagaimana Cara Membersihkan Karburator Motor Tanpa Membongkar? Langkah ini pada dasarnya sangat sederhana. Asal anda tahu langkah-langkah yang harus diterapkan.

Seperti yang kita ketahui, pada jenis motor yang masih tergolong keluaran jadul. Tentu masih menerapkan sistem pembakaran dengan menggunakan karburator.

Dalam hal ini, pemilik motor harus rutin melakukan pengecekan (servis), supaya kinerja mesin lebih optimal. Atau bahkan mencegah karburator tersumbat lantaran ada pengendapan kotoran dari tangki bensin.

Karburator sendiri termasuk pada rangkaian servis ringan untuk merawat mesin motor. Akan tetapi, tidak sedikit kalangan mekanik menyebut bahwa komponen vital tersebut tidak hasur selalu dibongkar.

Terlepas dari masalah ini, servis karbu bisa dilakukan dengan menyetel setingan anginnya. Terkecuali, ada masalah lain yang sudah terbilang berat, atau terlalu lama tidak dibongkar.

Artikel ini disponsori oleh Ahlinya Onderdil Mobil Korea

Cara Membersihkan Karburator Motor Tanpa Membongkar

Cara Membersihkan Karburator Motor Tanpa Membongkar

Dalam rangkain servis tersebut, serasa tidak sah jika tidak membersihkan komponen karbu tersebut. Padahal jika lebih teliti, sering membongkar baut karbu, maka akan lebih cepat rusak atau dol.

Selain itu, karet sil pun akan menjadi cepat longgar. Nah, selain kejadian yang parah seperti halnya kemasukan kotoran atau air, setingan karbu tidak mudah berubah. Kecuali memang diotak-atik sembarangan.

Pada dasarnya, ada jenis perawatan karbu yang terbilang sangat mudah, murah, dan prosesnya juga tidak memakan waktu ataupun tenaga.

Untuk informasi yang lebih langkap, ada baiknya jika anda minyimak artikel ini hingga paling bawah. Seperti apa? berikut rincian selengkapnya!

1. Kontrol Dan Bersihkan Filter Bensin

Secara tidak langsung, filter ini sangat berpengaruh pada sistem pemabakaran. Khususnya karbu yang terkadang lebih cepat kotor.

Nah, untuk mencegah dan meminimalisir pembongkaran karbu, maka bisa dengan membuka filter bensin tersebut. Letaknya berada antara tangki dan karbu.

Apabila dalam pengecekan sudah tampak kotor, maka lakukan pembersihan. Atau bila perlu diganti dengan yang baru.

2. Buang Bensin Pada Mangkuk Karbu

Langkah ini mungkin terbilang sangat sederhana, namun dengan membuang bensin yang tertampung pada mangkuk, secara tidak langsung juga akan mengeluarkan kotoran yang mengendap.

Terlepas dari itu, ketika karbu kemasukan air, maka akan mengapung pada area mangkuk tersebut. Sehingga dengan membuangnya, sudah bisa membersihkan karbu tanpa harus membongkarnya.

Untuk langkah pembuangan bensin ini, bisa dilakukan setiap dua atau tiga minggu sekali (bila motor sering digunakan). Caranya ialah dengan mengendurkan baut pembuangan pada bagian bawah mangkuk.

3. Bersihkan Saluran Udara Dengan Cairan Pembersih

Cara ini bisa dilakukan dengan cara membersihkan saluran udara yang terletak pada congor karbu. Langkahnya ialah dengan menyemprotkan caiaran pembersih.

Pertama anda bisa melepas karet penyambung pada karbu dan box filter, kemudian semprotkan cairan pembersih tersebut pada lubang congor karbu.

Dan yang terpenting, penyemprotan tersebut sembari menghidupkan mesin. Dan dijamin semua kootran yang ada akan hilang dari filter udara.

Langkah Lebih Detail Penyemprotan Pembersih Pada Karburator :
  • Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Seperti halnya obeng, dan juga cairan pembersih.
  • Posisikan motor pada tempat yang rata kemudian di standar tengah.
  • Buka bagian bodi samping motor dilanjutkan dengan membuka penutup filter (penutup lubang karburator).
  • Semprotkan cairan pembersih pada intake secara merata, dan bisa diulangi 5 hingga 10 menit. (perlu diingat, semprotan pertama dalam keadaan mesin mati).
  • Selanjutnya, hidupkan mesin dengan gas kecil untuk pembilasan.
  • Kemudian tarik gas sedikit kencang sembari menyemprot ulang cairan pada tempat yang sama. (usahakan mesin tidak mati).
  • Selesai! Proses pembersihan karbu pun berjalan lancar.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Bahkan anda bisa melakukan sendiri dirumah tanpa harus ada bantuan dari orang lain.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami tulis mengenai Cara Membersihkan Karburator Motor Tanpa Membongkar. Semoga bisa membantu!

Next article Next Post
Previous article Previous Post