Rabu, 06 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Tata Cara Memperbaiki Motor Suzuki Nex mungkin sudah tersebar di berbagai blog seputar otomotif. Akan tetapi, terkadang tampilan atau penyajian informasi kurang lengkap.

Oleh karena itu, sebagai tambahan referensi, maka tidak ada salahnya kami mengulas kembali keterangan tersebut.

Sehingga dari sisi tampilan, atau dari beberapa segi. Blog ini mempunyai kelebihan dibanding dengan yang lain.

Nah, seperti yang anda ketahui Nex merupakan motor matic besutan Suzuki yang juga mempunyai banyak pengguna.

Selain bodinya yang mungil, motor ini juga sangat mudah dikendarai. Bahkan bagi mereka yang baru belajar mengendari motor.

Akan tetapi, tidak sedikit dari mereka yang mengeluh akan masalah yang sering terjadi. Seperti halnya suka mogok, sering mati mendadak, atau masih banyak lagi yang lainnya.

Oleh karena itu, mungkin tips sederhana yang sudah kami rangkum dibawah ini akan sedikit membantu. Seperti apa? Simak hingga selesai ya!

Cara Memperbaiki Motor Suzuki Nex Yang Suka Mogok

Cara Memperbaiki Motor Suzuki Nex Yang Suka Mogok

Jika permasalahan atau kerusakan yang terjadi pada motor matic Suzuki Nex sudah parah, mungkin tips ini tidak akan berguna.

Justru kami menyarankan untuk membawa motor tersebut pada bengkel resmi. Sebagai tujuan, supaya pengecekan lebih merata dan diperbaiki secara maksimal.

Namun jika hanya masalah ringan, mungkin masih bisa dicoba sebelum anda membawa pada bengkel seperti yang kami sebutkan diatas.

Untuk lebih menyingkat waktu, silahkan baca tutorial singkat berikut ini.

1. Cek Ketersediaan Bensin

Meski terbilang sangat sederhana, namun masalah ini sering terlupa lantaran Suzuki Nex yang terlampau irit.

Bisa saja anda lupa mengisi bahan bakar dan pada akhirnya kehabisan dan menjadi penyebab dari mogok tersebut.

Untuk solusi yang bisa diterapkan, coba anda isi terlebih dahulu tangki bensin motor. Baru selanjutnya dicoba untuk menyalakan kembali.

2. Cek Busi Motor

Terkait dengan komponen sistem pembakaran, motor Nex tiba-tiba mati bisa saja disebabkan karena busi tidak bekerja maksimal.

Seperti yang anda ketahui, busi merupakan sumber pengapian pada mesin motor. Sehingga jika elemen ini mati, maka sudah bisa dipastikan motor tidak akan menyala.

Oleh karena itu, coba ganti busi dengan yang baru. Sebagai antisipasi, akan lebih baik anda menyetok busi sebagai cadangan. Khususnya bagi motor tua seperti Suzuki Nex.

3. Cek Selang Bensin

Pada kasus tertentu, bisa saja selang bensin mengalami kebocoran. Sehingga sirkulasi bahan bakar tidak mengalir dengan sempurna.

Jika memang bensin tidak tersalur dengan benar, maka sistem pembakaran pada mesin pun tidak akan jalan. Sehingga motor tidak akan menyala, atau bahkan mati mendadak.

4. Cek Selang Angin

Jika diperhatikan secara seksama, pada bagian mesin ada beberapa selang yang bisa dicek kondisinya.

Beberapa diantaranya ialah selang angin, selang bensin, dan lain-lainnya. Cek semua selang tersebut, siapa tahu ada yang mengalami masalah.

Jika semua masih dalam keadaan baik, mungkin masalah bukan pada selang yang dimaksud.

5. Cek Kelistrikan

Sama halnya dengan pengecekan busi, listrik yang disalurkan pada busi pun juga perlu dicek. Lebih tepatnya ketika busi tersebut diganti dengan yang baru.

Caranya ialah dengan membuka busi dari mesin dan colokkan pada kabel yang kemudian ditempelkan pada besi.

Selanjutnya dicoba starter, dan lihat apa ada percikan api yang keluar. Nah apabila tidak ada, maka masalah terjadi pada sistem kelistrikan.

Umumnya masalah listrik ini terjadi pada kiprok, sehingga mungkin perlu juga untuk diganti.

6. Bawa Ke Bengkel Resmi

Jika dari kesemua tips yang sudah kami bagikan diatas tidak juga memberikan hasil. Maka untuk solusi yang terakhir ialah membawa ke bengkel resmi.

Namun bisa juga untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu di bengkel biasa. Jika memang masih sanggup, maka bisa dilanjutkan perbaikannya.

Sekian dari kami mengenai Cara Memperbaiki Motor Suzuki Nex Yang Suka Mogok. Semoga bisa membantu dan memberikan tambahan referensi bagi anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post