Minggu, 24 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Cara Menghilangkan Suara Berisik Pada Mesin Motor mungkin masuk pada tips yang sederhana. Namun jika diterapkan dengan benar, maka akan memperoleh kinerja mesin yang lebih maksimal.

Pada ponstingan sebelumnya, kami juga sempat berbagi mengenai 6 Cara Merawat Mesin Motor Tetap Halus. Sehingga sebelum melanjutkan tips ini, anda bisa membacanya terlebih dahulu.

Nah seperti yang kita ketahui, sepeda motor masih menjadi salah satu alat transportasi yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Pasalnya, dengan bodi yang lebih kecil serta penggunaan bahan bakar yang lebih irit. Bisa menjadi pilihan alternatif untuk menghemat pengeluaran dan juga terhindar dari macet di jalan.

Terlepas dari itu, motor juga menjadikan pengendaranya lebih mudah dalam melakukan manuver dijalanan. Sehingga waktu yang diperlukan lebih efisien dan lebih cepat sampai pada tujuan.

Cara Menghilangkan Suara Berisik Pada Mesin Motor

Cara Menghilangkan Suara Berisik Pada Mesin Motor

Dari banyaknya peminat atau pengendara sepeda motor, tidak sedikit dari mereka yang tidak acuh dengan perawatan kendaraan mereka.

Hal negatif tersebut tentu bisa mempunyai pengaruh pada harga jual (ketika sudah diperlukan), atau hal lain yang berdampak pada kerusakan mesin motor.

Sehingga jika tidak dirawat dengan benar, maka bisa saja memicu adanya kerusakan. Yang paling sederhana mungkin akan menimbulkan suara berisik atau tidak nyaman ketika dikendarai.

Perlu ditekankan kembali, baiknya performa motor tergantung dengan tingkat perawatan yang diterapkan oleh pengendaranya.

Hal tersebut bisa dilakukan dari beberapa hal yang paling sederhana. Seperti halnya perawatan rantai, atau sekedar mengganti oli mesin secara rutin.

Nah dalam hal ini, terdapat sedikit keluhan yang terkadang muncul pada pengendara motor. Yakni munculnya suara berisik pada mesin.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut, dibawah ini kami sudah merangkum secara singkat tentang tata cara perawatan. Serta langkah-langkah untuk mencegah atau bahkan menghilangkan suara berisik pada mesin motor.

Seperti apa dan bagaimana? Akan lebih baik jika anda membaca artikel ini hingga paling akhir. Sebagai tujuannya ialah supaya informasi yang anda peroleh tidak setengah-setengah.

Cara Menghilangkan Suara Berisik Mesin Motor

Menurut yang kami rangkum dari berbagai sumber, ada setidaknya 6 langkah yang bisa anda terapkan. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Rutin Mengganti Atau Menambah Oli Mesin

Masuk pada langkah yang paling sederhana, menghilangkan suara berisik pada sepeda motor ialah dengan mengganti atau menambah volume oli didalam mesin.

Dalam hal ini, oli mempunyai peranan yang sangat penting, yakni sebagai pelumas yang mampu melapisi setiap komponen didalam mesin supaya tidak bergesekan secara kasar.

Kondisi oli yang sudah mulai encer (rusak), atau volume berkurang sebagai dampak dari pembakaran, bisa menimbulkan gesekan yang parah pada komponen mesin.

Tepatnya ketika motor digunakan (menyala) sehingga akan menimbulkan bunyi yang sangat kasar dan berisik.

Nah, apabila oli tidak segera diganti atau ditambah, maka bisa saja komponen tersebut akan rusak (aus) karena termakan oleh gesekan. Sehingga akan lebih baik jika segera diganti.

2. Kencangkan Baut Yang Kendor

Seiring dengan usia pemakaian, tentu sepeda motor selalu mengalami guncangan dan juga getaran yang bisa memicu berbagai baut menjadi kendor.

Pasanya dalam hal ini mesin motor yang sedang menyala atau bahkan melewati jalanan yang banyak gelombang. Membuat guncangan dan getaran yang lebih tinggi.

Sehingga dalam hal ini, baut yang awalnya kuat, menjadi kendor lantaran disebabkan oleh adanya getaran tersebut. Entah itu pada mesin ataupun body.

Untuk menghilangkan bunyi pada body, khususnya karena baut kendor, akan lebih baik jika dilakukan pengecekan. Salah satunya ialah dengan mengencangkan kembali baut tersebut.

Jika memang diperlukan, baut yang dol atau sudah tidak bisa dipakai. Diganti dengan yang baru supaya getaran pada motor akan di minimalisir.

3. Cek Kondisi Timming Chain

Masuk pada komponen penting pada motor, Timming chain merupakan komponen mesin berupa rantai yang terletak pada bagian samping kiri mesin.

Rantai ini mempunyai peranan sebagai penghubung antara poros engkol dengan proso nok. Sehingga bisa saja komponen ini mengalami kendor, serta menimbulkan masalah seperti halnya bunyi berisik.

Pada dasarnya bunyi yang muncul dari Timming ini bisa ditandai dengan mudah. Yakni suara berisik muncul dari bagian sebelah kiri mesin.

Nah jika ingin mengetahui kondisi timming chain, tepatnya apakah memang terjadi masalah. Mungkin anda harus membawa motor anda pada bengkel.

Tujuannya ialah supaya penanganan lebih tepat dan profesional. Dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen lain.

Jika secara umum, untuk mengatasi masalah timming chain ini ialah dengan menggantinya dengan yang baru. Atau bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan mekanik anda.

4. Cek Dan Perbaiki Tensioner Manual

Tensioner ini merupakan salah stau komponen yang terletak pada bagian mesin motor. Sedangkan fungsinya ialah untuk menjaga ketegangan rantai supaya sesuai dengan yang diperlukan mesin.

Apabila terjadi dengan kerusakan pada komponen ini, maka bisa menimbulkan suara berisi pada mesin, dan yang terparah, bisa berdampak pada pergeseran posisi gear noken.

Jika maslah ini terjadi, bisa saja menyebabkan piston dan payung klep bertabrakan. Oleh karena itu, jika memang sudah tidak layak pakai, maka akan lebih baik untuk mengganti tensioner tersebut.

Ketika tensioner sudah digantu, maka secara tidak langsung bisa meningkatkan range penegangan timming chain. Yang pada akhirnya bisa mengurangi masalah suara berisik pada mesin.

Akan tetapi, jangan sampai terlalu keras ketika melakukan penegangan. Pasalnya bisa menyebabkan timming chain menjadi putus.

Terlepas dari itu, kerusakan pada tensioner, merupakan penyebab dari masalah mesin berbunyi klotok. Jadi komponen ini bisa mempunyai dampak yang vital.

5. Perbaiki Ring Dan Stang Seher Yang Bermasalah

Selain dari tensioner, penyebab dari munculnya suara berisik pada mesin juga ditimbulkan oleh adanya kondisi dimana ring dan stang seher bermasalah.

Seperti yang diketahui, ring dan stang seher merupakan komponen mesin yang mempunyai fungsi sebagai penahan kompresi pada mesin.

Sehingga ketika terjadi masalah, maka akan menyebabkan kompresi pada motor menjadi tidak teratur, dan muncul bunyi klotok dari dalam mesin.

Untuk cara sederhana dan terbaik yang bisa dilakukan, ialah dengan mengganti bagian ring dan stang seher yang bermasalah tersebut.

6. Cek Komponen Motor Yang Rusak Dan Perbaiki

Terlepas dari beberapa komponen yang sudah kami sebutkan diatas, mungkin ada lagi beberapa pemicu masalah dari munculnya suara berisik pada mesin.

Seperti halnya masalah yang terjadi pada poros nok yang sudah mulai aus, kebocoran kompresi pada mesin, dan hal-hal lain yang mungkin tidak terduga.

Oleh karena itu, sangat penting untuk dilakukan pengecekan secara berkala pada seluruh komponen motor. Tujuannya ialah untuk mencegah kerusakan merambat pada komponen yang lain.

Jika memang diharuskan, maka segeralah perbaiki dan ganti komponen yang sudah rusak.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai Cara Menghilangkan Suara Berisik Pada Mesin Motor. Semoga bisa membantu!

Next article Next Post
Previous article Previous Post