Selasa, 26 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Cara Mengkilapkan Velg Motor Dengan Lemon mungkin terbilang unik, pasalnya disini kita akan memanfaatkan bahan alami.

Meski pada dasarnya bisa menggunakan bahan yang lebih mudah diperoleh, namun terkadang para pengguna motor terkendala dengan harga. Sehingga mencari alternatif yang lebih murah.

Nah pertanyaannya : Kenapa harus pakai lemon? Untuk memperoleh jawaban yang lebih lengkap, akan lebih baik jika anda menyimak artikel ini hingga selesai.

Seperti yang kita ketahui, velg merupakan bagian paling penting pada kendaraan, baik itu motor, mobil atau kendaraan lain. Fungsinya ialah untuk menopang roda.

Dikarenakan lokasinya menempel pada bagian ban, tentu sangat riskan dengan kondisi kotor, serta sangat tidak mustahil jika terjadi koros0 (menguning dan berkarat).

Maka dari itu, cukup penting untuk menjaga dan melakukan perawatan. Supaya velg kendaraan anda tetap mengkilap dan kinclong. Yang terpenting, ialah untuk menghindarkan dari kondisi karat.

Cara Mengkilapkan Velg Motor Dengan Lemon

Cara Mengkilapkan Velg Motor Dengan Lemon

Pada dasarnya, untuk melakukan perawatan pada velg, terdapat banyak produk pasaran yang bisa anda pakai. Namun paa prinsipnya, produk tersebut mempunyai fungsi untuk mencegah karat serta oksidasi pada velg.

Terlepas dari itu, ternyata ada pula beberapa bahan rumah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda pada velg. Akan tetapi produk rumah tangga tersebut juga sangat riskan dengan bahan kimia, sehingga bisa saja merusak jika digunakan secara terus menerus.

Nah dalam hal ini, ada bahan alternatif yang terbilang sangat murah, atau bahkan bisa anda tanam sendiri di pekarangan rumah.

Bahan tersebut ialah buah lemon yang juga tidak kalah ketika digunakan untuk mengkilapkan velg motor. Akan tetapi bahan alternatif ini juga bisa dipakai untuk perabot lain yang terbuat dari logam.

Dalam hal ini, lemon mempunyai kandungan asam yang memang berfungsi untuk mebersihkan. Baik itu minyak, debu, ataupun kotoran lain yang menempel pada logam.

Untuk lebih mempersingkat waktu, berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat velg lebih mengkilap dengan lemon.

1. Bersihkan Velg Motor Ataupun Mobil

Langkah pertama ini terbilang sangat wajib untuk memperoleh hasil yang maksimal. Dalam hal ini bertujuan untuk mengangkat debu ataupun sisa kotoran yang menempel.

Seperti halnya debu, tanah, atau minyak yang membandel. Sehingga proses pengkilapan nantinya bisa dilakukan lebih mudah.

Cuci terlebih dahulu velg dengan air bersih dan mengalir, sehingga meminimalisir adanya debu yang bisa saja menggores lapisan.

2. Campurkan Jus Lemon Dengan Air Hangat

Untuk takaran, pada dasarnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Pasalnya yang digunakan merupakan bahan alami. Sehingga terbilang aman dari kerusakan.

Namun jika ingin hasil maksimal. campurkan 1/2 cangkir jus lemon dengan 1/2 cangkir air hangat (50/50). Selanjutnya masukkan campuran tersebut pada botol semprot.

Dalam hal ini anda bisa mencari sisa botol dari bekas parfum, atau yang lainnya.

3. Penerapan Jus Lemon Pada Velg

Untuk menerapkan campuran jus lemon tidak bisa dilakukan langsung pada velg. Sehingga lebih baik jika jus lemon tersebut disemprotkan pada kain katun (kaos) yang lebut.

Selanjutnya gosokkan kain yang sudah sedikit basah tadi pada velg, usahakan penerapan hingga merata pada seluruh bagian.

Dalam hal ini, jus lemon mempunyai sifat asam yang perlahan bisa mengangkat semua kotoran, debu atau serpihan sisa kotoran yang menempel pada velg. Sehingga velg pun akan tampak lebih mengkilap.

4. Diamkan Untuk Melihat Hasil

Untuk memaksimalkan hasil yang diperoleh, setidaknya anda harus mendiamkan velg yang digosok dengan jus lemon tersebut selama beberapa menit.

Sehingga jus lemon bekerja secara maksimal. Selanjutnya gosok kembali hingga keseluruhan bagian velg terjangkau oleh jus lemon.

5. Bilas Dan Keringkan

Jika dirasa sudah cukup, atau setidaknya didiamkan selama 10 menit, maka anda bisa melakukan pembilasan pada bagian velg.

Cara pembersihan ini ialah dengan menggunakan air yang mengalir (dari selang kran langsung), serta menyeka seluruh bagian velg untuk memastikan tidak ada sisa jus lemon yang menempel.

Apabila sudah selesai, maka bisa keringkan menggunakan kanebo atau dibiarkan sebentar hingga air turun dengan sendirinya.

Bagaimana? Sangat sederhana bukan? Namun ketika melihat hasil, tentu anda tidak akan percaya jika dari bahan sederhana seperti lemon, bisa dimanfaatkan sedemikian rupa.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Cara Mengkilapkan Velg Motor Dengan Lemon. Semoga bisa membantu!

Next article Next Post
Previous article Previous Post