Rabu, 20 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Cara Merawat Cat Motor Agar Tetap Mengkilap bisa dibilang merupakan langkah sederhana untuk menjaga atau tips agar warna motor tidak cepat pudar.

Melansir dari beberapa sumber serta juga dari pengalaman pribadi, tentu tips yang kami berikan bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga dalam hal ini, anda tidak perlu khawatir meski motor sedikit baret (tergores) atau sejenisnya. Sebab bisa dicegah atau bahkan diatasi dengan cara yang sangat simple dan mudah.

Jika pada sebelumnya kami berbagai mengenai triks buat motor tetap mulus ala pedagang, namun kali ini kami akan menjelaskan rincian yang lebih lengkap.

Sebagai tujuannya, ialah motor lebih terawat serta tampak seperti baru, selayaknya baru dibeli dari dealer.

Nah, yang sering dipertanyakan adalah, bagaimana cara menjaga supaya cat motor tetap mengkilap dan tidak pudar? Jawabannya sangatlah mudah. Hal tersebut sudah kami rangkum pada daftar dibawah ini.

6 Cara Merawat Cat Motor Agar Tetap Mengkilap

6 Cara Merawat Cat Motor Agar Tetap Mengkilap

Untuk menjaga penampilan cat body motor selalu tampak mengkilap, tidak kusam, redup dan juga pudar. Berikut langkah perawatan yang bisa anda lakukan.

1. Cuci Motor Secara Rutin

Secara umum, motor yang kotor harus dicuci dan dibersihkan dengan benar. Hal tersebut bertujuan supaya tidak ada kotoran lagi yang menempel pada body motor.

Pasalnya, ketika kotoran sudah menempel terlalu lama pada body motor, maka biasanya akan lebih sulit untuk dihilangkan.

Untuk langkah terbaik yang bisa anda lakukan ialah mencuci motor dengan air yang benar dan bersih. Serta tidak luput pula untuk menggunakan sabun khusus yang aman untuk cat motor.

Dalam hal ini, hindari mengelap body motor pad saat kondisinya (tanpa air), lantaran partikel debu yang halus juga bisa menggores permukaan cat, meski pada awalnya terlihat samar.

Salah satu yang paling umum terjadi ialah mika lampu motor menjadi kuning. Dan untuk mengatasinya, kami juga sudah menulis Cara Merawat Mika Lampu Agar Tidak Menguning.

2. Keringkan Motor Pasca Dicuci

Sesudah dicuci, sudah seharusnya untuk segera mengeringkan body motor dari air yang masih tersisa. Sebab jika dibiarkan, maka bisa saja air tersebut meresap dan membuat body tampak redup.

Sebelum di lap dengan menggunakan ganebo, untuk hasil yang lebih maksimal bisa dikeringkan terlebih dahulu menggunakan kompresor.

Kenapa harus ganebo? sebab bahan ini mempunyai kemampuan untuk menyerap air, serta harga yang dibanderol pun tidaklah mahal.

Tidak hanya untuk mengeringkan dan menyerap sisa air, ternyata ganebo juga bisa dimanfaatkan untuk mengoleskan cairan pengkilap supaya body motor tetap kinclong.

3. Hindari Penggunaan Zat Kimia Pada Body

Jika dipelajari lebih jauh, zat kimia bisa saja mengandung pewarna dan juga asam yang nantinya akan melekat pada body motor.

Jika memang sudah demikian, maka tidak menutup kemungkinan bahwa cairan kimia tersebut akan memicu debu untuk menempel dan mengendap pada body motor.

Terlepas dari itu, jika cairan sudah melekat dengan sempurna, maka akan sangat sulit untuk dihilangkan. Yang terparah, jika ingin dibersihkan, justru cat motor yang juga ikut terkelupas yang membuat body motor menjadi belang.

Ketika sudah terlanjur terjadi, maka sudah sangat sulit untuk memperoleh tampilan motor seperti aslinya. Sehingga akan lebih baik jika menghindari mengoleskan bahwa kimia yang beresiko merusak cat motor tersebut.

Tips sederhana yang bisa anda lakukan ketika semua sudah terjadi, maka body motor bisa dilakukan pengecatan ulang.

4. Hindarkan Motor Dari Paparan Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung, mampu mengubah warna cat motor menjadi buram, pudar, dan juga kusam. Yang terparah bahkan bisa mengelupas.

Hal tersebut dikarenakan panas atau radiasi yang dihasilkan dari sinar matahari, akan menjadikan cat motor menjadi kering. Sehingga membuat usia cat lebih pendek.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan lokasi untuk memarkir motor. Khususnya ketika berada di tempat terbuka yakni dengan menghindarkan paparan sinar matahari langsung.

Terlepas dari itu, paparan sinar matahari juga berdampak pada kerang dan bagian lain menjadi korosi (berkarat), dan keropos.

5. Manfaatkan Pengkilap Khusus Body Motor

Pemanfaatan pengkilap body motor bertujuan untuk menghilangkan debu yang dipengaruhi juga dengan faktor lingkungan.

Sehingga ketika anda malas untuk mencuci motor, maka bisa diakali dengan mengoleskan cairan pengkilap tersebut. Tujuannya ialah untuk menjaga body motor tetap kinclong seperti baru.

Meski begitu, pemilihan pengkilap yang tepat juga harus anda perhatikan. Pasalnya jika salah, justru hal sebaliknya yang mungkin anda peroleh.

Jadi walau dianjurkan, anda juga tidak bisa terlalu sering menggunakan cairan pengkilap tersebut. Sebab bisa mengikis lapisan yang pada akhirnya akan membuat cat lebih buram.

6. Jangan Gunakan Stiker Berlebih

Tidak sedikit orang yang berpikiran bahwa dengan menerapkan sticker pada body motor akan semakin membuat tampilan menjadi gagah.

Namun hal tersebut sangatlah salah, sebab ketika sticker tersebut sudah terkelupas, maka bisa saja meninggalkan bekas. Atau bahkan membuat lapisan cat juga ikut mengelupas.

Jika digunakan untuk kebutuhan seadanya, mungkin stiker bisa menjadi solusi. Seperti halnya logo klub, nama, atau hal lain berkaitan dengan hobi.

Akan tetapi jika dinilai tidak penting, mungkin akan lebih baik untuk menghindari penggunaan stiker pada body motor.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 6 Cara Merawat Cat Motor Agar Tetap Mengkilap. Semoga bisa membantu.

Next article Next Post
Previous article Previous Post