Rabu, 06 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Cara Merawat Motor Kawasaki W175 ini pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan jenis motor lain yang juga menggunakan karburator.

Akan tetapi, pada kondisi tertentu ada beberapa hal yang umumnya sangat penting untuk diperhatikan. Sehingga kondisi mesin pun tetap bekerja secara maksimal.

Seperti yang anda ketahui, Kawasai W175 merupakan jenis motor yang terbilang baru, namun menerapkan bodi retro yang terkesan sangat klasik.

Dari sisi lain, desain motor ini juga mengutamakan kenyamanan dari pengendara. Sehingga tidak mudah pegal, capek, atau sejenisnya.

Jika anda ingin berkendara santai, dengan gaya yang tidak kalah unik. Tentu motor Kawasaki model W175 ini sangat cocok untuk anda kendarai.

Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah : Bagaimana cara merawat motor tersebut? Apa sangat sulit? Atau sangat minim perawatan?

Untuk memberikan jawaban secara pasti, maka dibawah ini kami sudah menyediakan rangkumannya. Seperti apa? Simak artikel berikut hingga selesai.

Cara Merawat Motor Kawasaki W175

Cara Merawat Motor Kawasaki W175

Bisa dikatakan bahwa perawatan motor Kawasaki W175 lebih mudah dibanding dengan jenis motor menggunakan sistem injeksi.

Dengan kata lain, perawatan hanya perlu dilakukan secara rutin, agar tidak ada penyumbatan pada karburator (kotor), atau dengan hanya melakukan penggantian oli.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang bisa anda terapkan untuk merawat motor W175 besutan Kawasaki.

1. Cek Kebersihan Karburator

Jika dibahas sepintas, karburator merupakan alat dari sistem pembakaran yang digunakan pada jenis motor jadul.

Namun dari segi perawatan, tentu penggunaan karburator ini terbilang lebih mudah. Sebab hanya perlu dilakukan pembersihan secara berkala.

Jika memang anda tidak bisa membersihkan sendiri (takut salah pasang ketika dibongkar), atau memang tidak mempunyai alat untuk membuka.

Maka tidak ada salahnya jika dibawa ke bengkel kesayangan (langganan) anda. Atau akan lebih baik jika dibawa ke bengkel resmi.

Dengan demikian, karburator akan tetap bersih, tidak ada penyumbatan, dan bahkan akan mempunyai kinerja yang tetap maksimal.

2. Cek Kebersihan Filter Udara

Terkait dengan karburator, filter udara ini mempunyai peranan penting untuk menyaring udara (angin) yang masuk pada karburator.

Selain meminimalisir pembuangan bahan bakar, tujuannya supaya lebih irit. Tentu juga akan mencegah bagian dalam karburator cepat kotor.

Sebab kotoran yang masuk pada filter akan disaring, yang secara tidak langsung akan mengecilkan adanya kemungkinan debu masuk pada karburator.

3. Cek Kondisi Busi

Busi mempunyai peranan untuk sistem pengapian pada mesin motor. Jika busi tidak bisa mengeluarkan api (mati), maka secara otomatis, mesin pun tidak akan menyala.

Jika kondisi mesin menyala putus-putus, dan bunyi sudah tidak stabil. Atau bahkan seperti meledak ketika handle gas diturunkan.

Hal tersebut merupakan pertanda untuk segera mengganti busi. Tidak terkecuali juga busi pada mesin motor Kawasaki W175.

4. Ganti Oli Secara Rutin

Mengutip dari beberapa sumber di internet, penggantian oli secara rutin pada motor W175, bisa memaksimalkan kinerja dari mesin.

Sedangkan tingkat kekentalan (SAE) yang umum dianjurkan ialah 10w-30. Namun semua tergantung dengan kondisi keuangan anda.

Jika memang sedang ada dana, maka tidak ada salahnya membeli oli yang sedikit mahal. Pasalnya dari segi kualitas juga akan lebih baik.

5. Gunakan Sparepart Original

Pada dasarnya semua onderdil untuk motor dengan mesin Kawasaki, tidak mudah untuk menemukan yang KW. Soalnya motor ini terbilang tidak begitu pasaran.

Jika di Indonesia, motor kawasaki dengan cc kecil sangat kurang diminati. Namun beda untuk motor gede dengan tampilan yang sangar.

Jika memang ada kerusakan pada onderdil tertentu, gantilah dengan yang asli. Selain lebih awet, tentu mutunya pun lebih baik dibanding yang abal-abal.

Terlepas dari beberapa tips diatas, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa anda peroleh dari motor W175. Beberapa diantaranya ialah :

1. Kelebihan Motor Kawasaki W175

  • Mempunyai tampilan retro dengan gaya jadul klasik
  • Finishing body sangat rapi dan elegan
  • Posisi berkendara tegak, sehingga pengemudi tidak mudah capek.
  • Bodi terbuat dari plastik tebal, dan cat yang tidak mudah baret.
  • Bertenaga mesin dengan kapasiatas 150 cc

2. Kekurangan Motor Kawasaki W175

  • Masih menggunakan karburator, sedangkan untuk motor baru sudah injeksi.
  • Rem belakang tromol, yang dianggap kurang efisien.
  • Tidak ada indikator bensin
  • Masih terasa ketinggalan zaman.
Menyimpulkan dari beberapa keterangan diatas, pada dasarnya semua kembali pada selera masing-masing. Sehingga untuk berkendara, akan lebih percaya diri.

Demikianlah untuk ulasan Cara Merawat Motor Kawasaki W175. Semoga bisa membantu dan memberikan tambahan ilmu bagi yang membutuhkan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post