Kamis, 07 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Tata Cara Reset Motor Honda Beat Injeksi Secara Manual ini, sebenarnya tidak perlu anda lakukan kecuali memang sangat terpaksa.

Oleh karena itu, sebelum benar-benar melakukan reset, akan lebih baik jika dipastikan terlebih dahulu bahwa motor sedang mengalami masalah.

Umumnya akan ditandai dengan adanya kedipan pada kode mil di spedometer motor. Atau bisa juga ketika motor dirasa kurang bertenaga dan susah untuk langsam (iddle).

Seperti yang diketahui, reset pada Honda Beat FI (fuel injection) bisa dilakukan pada beberapa komponen sekaligus. Termasuk juga ECU (engine control unit) dan juga dtc.

Sedangkan untuk fungsi melakukan reset pada kedua komponen tersebut ialah untuk mengembalikan setelan (setting) injeksi pada standar pabrik.

Jika secara umum, langkah mereset ecu ialah dengan menggunakan alat khusus dari Honda yang bernama HIDS.

Akan tetapi, karena anda hanya bersifat individu (bukan bengkel atau sejenisnya). Sudah dipastikan bahwa anda tidak memiliki alat tersebut.

Sehingga untuk mengakali reset motor injeksi, khususnya pada Honda Beat FI, maka anda bisa menggunakan alat alternatif seperti kabel, peniti, ataupun kawat.

Cara Reset Motor Honda Beat Injeksi Secara Manual

Cara Reset Motor Honda Beat Injeksi Secara Manual

Menurut yang kami lansir dari beberapa sumber, ada dua komponen yang bisa anda terapkan reset untuk memperbaiki kinerja sistem injeksi.

Beberapa diantaranya ialah mereset DLC, dan juga ECU. Apabila anda sudah benar-benar penasaran, berikut langkah-langkah yang mungkin akan membantu.

1. Reset Setting DLC Motor Honda Beat FI

Perlu kami perjelas kembali, tips ini bisa diterapkan dalam keadaan terpaksa saja. Sebab akan lebih baik jika motor dibawa ke bengkel resmi (AHASS).

Reset Setting DLC Motor Honda Beat FI

Reset DTC ini merupakan tahap pertama, dan dilanjutkan dengan tahap kedua dengan mereset ECU. Jadi simak baik-baik supaya anda tidak salah langkah.
  1. Pertama, cari terlebih dahulu tempat atau posisi dari DLC. Jika pada beat fi, DLC tersebut berada di bawah jok. Jadi lepaskan lebih dulu dek mesin dan box yang ada di dudukan jok.
  2. Setelah ketemu, maka selanjutnya lepaskan pengunci pada DLC tersebut. Bisa menggunakan alat bantu seperti kuku, obeng, dan sejenisnya.
  3. Hal yang sangat penting, pastikan jika kontak motor dalam keadaan off (mati). Selanjutnya jumper dlc pada kabel yang berwarna coklat dan hijau atau hitam. Caranya ialah dengan menggunakan kabel, kawat dan sejenisnya.
  4. Jika dlc sudah dijumper, nyalakan kontak pada posisi on (hidup).
  5. Hitung selama kurang lebih tiga detik, dan cabut jumper pada dlc tadi.
  6. Pas ketika jumper sudah dicabut, hitung lagi selama 5 detik kemudian jumper dipasang kembali pada posisi semula.
  7. Jika indikator lampu MIL berkedip cepat seperti lampu sein, maka bisa dipastikan bahwa proses reset anda berhasil.
  8. Selanjutnya matikan kontak ke posisi off (mati).

2. Reset ECU Motor Honda Beat FI

Langkah reset ECU ini merupakan tahap kedua dari lanjutan langkah pertama diatas. Sehingga antara tips reset DLC dan ECU berkesinambungan.
  • Pertama, pastikan bahwa posisi jumper pada DLC tadi masih terpasang.
  • Buka handle gas hingga penuh (posisi kontak masih off)
  • Selanjutnya nyalakan kontak ke posisi "ON"
  • Tunggu hingga lampu indikator MIL berkedip.
  • Ketika indikator lampu (MIL) sudah berkedip, maka lepaskan handle gas.
  • Tunggu sekitar 3 detik, dan matikan kunci motor ke posisi off.
  • Cabut jumper pada DLC, pasang socket kabel yang tadi dibuka.
  • Selesai dan motor bisa di rakit kembali.

Tips tambahan :

Ketika motor dinyalakan, indikator MIL masih berkedip, kemungkinan kabel ada yang tidak terpasang dengan benar. Cek kembali kabel dan soket.

Mungkin saja masih ada yang putus atau tidak terpasang dengan benar sehingga menyebabkan lampu indikator tetap berkedip.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Bahkan langkah diatas bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Yang terpenting ada alat seperti obeng dan pelengkap lainnya.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum terkait Cara Reset Motor Honda Beat Injeksi Secara Manual. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post