Kamis, 14 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Cara Service Motor Suzuki Thunder 125 ini kami rangkum dari beberapa sumber. Sehingga bisa menjadi referensi yang sangat lengkap bagi anda yang membutuhkan.

Seperti yang kita ketahui, motor Thunder 125 merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua yang diproduksi oleh pabrikan Suzuki.

Bisa dikatakan bahwa tampilan body sangatlah menarik, sehingga meski sudah tergolong motor tua, tidak sedikit orang yang memodifikasi untuk merawat tampilan tetap menarik.

Nah, bagaimana jika mengalami masalah dengan mesin motor? Entah itu bunyi brebet atau mesin sulit untuk dinyalakan? Tentu dalam hal ini anda harus paham penyebab dari masalah tersebut.

Cara Service Motor Suzuki Thunder 125 Lengkap

Cara Service Motor Suzuki Thunder 125 Lengkap

Menyimak dari beberapa referensi di internet, serta dari berbagai testimoni pengguna motor Suzuki Thunder 125. Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi pada motor tersebut.

Nah, untuk mengatasinya, berikut kami sudah merangkum beberapa cara merawat ataupun menyervis sendiri karburator dari motor. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel ini hingga selesai!

Tips Menyetel Angin Karburator Thunder 125cc :
  1. Sebelum melakukan penyetelan pada karburator, akan lebih baik jika distandarkan terlebih dahulu serta kalau bisa dibersihkan.
  2. Selanjutnya, putar baut angin pada arah kanan secara bertahap hingga mesin mati sendiri. Jika sudah mentok namun tidak mati, maka bisa diartikan bahwa setelan gas terlalu besar. Jadi biarkan setelan angin tetap mentok dan putar baut setelan gas untuk dikendurkan hingga mesin mati. Dengan demikian, setelan gas dan angin dalam posisi off semua.
  3. Kemudian nyalakan kembali mesin dengan setelan angin off, jika gagal maka buka sedikit setelan angin sehingga mesin kembali nyala meski tidak bisa langsam.
  4. Ketika mesin nyala, dengan kondisi gas masih ditahan, atur RPM pada angka 1400 hingga 1500 serta tahan jangan sampai bergerak naik atau turun.
  5. Masih pada posisi tertahan di RPM tadi, setel baut angin ke kiri hingga RPM perlahan naik dengan sendiri pada titik tertinggi. Perlu di ingat, jangan terlalu banyak putaran lanjutan pasca memperoleh posisi tersebut, lantaran posisi angin dan gas sudah pas.
  6. Matikan mesin dan didiamkan terlebih dahulu sekitar 5 menit, supaya mesin lebih dingin serta dinyalakan kembali. Pastikan langsam tanpa harus mengubah setelan.
  7. Ketika sudah menyala, pancing gas hingga pada RPM 8000 hingga 9000 guna melihat apakah RPM turun sempurna tanpa jeda pada RPM 2500. Jika memang ada jeda, kemungkinan jarum skep beserta skepnya tergores, namun tidak masalah selama tidak mengganggu.
  8. Kemudian uji coba di jalan, ketika berjalan pelan biarkan tarikan gas tetap stabil pada RPM 6000, khususnya pada posisi porsneling 2 atau 3 untuk melihat apakah fungsi karet vakum masih dalam kondisi bagus. Jika sudah bocor, ada kemungkinan mesin akan brebet.
Bagaimana jika bunyi dari mesin motor masih brebet, serta tarikannya terasa tidak maksimal? Maka langkah selanjutnya yang bisa anda terapkan ialah :
  1. Bongkar karbu dan cek karet vakum. Jika berlubang, maka dilem hingga lubang tersebut hilang.
  2. Cek skep piston, jika tergores, bisa diamplas sedikit hingga halus.
  3. Kontrol juga jarum skep, jika masih ada yang nongol, potong saja pakek cutter. Usahakan serapi mungkin.
  4. Cek jarum angin untuk memastikan tidak ada karat, jika iya maka bisa di amplas terlebih dahulu.
  5. Cek flow BBM, buka keran dan cabut selang kabur. Pastikan tidak ada yang tersumbat.
  6. Gunakan busi yang standar, Thunder 125 cocok menggunakan Denso.
  7. Periksa jalannya skep dan rasakan ada gesekan pada ruang skep dan piston.
  8. Besihkan pilot, main jet dan lubang-lubang yang lain.
  9. Umumnya lubang intake angin juga berkrat, jadi bersihkan juga.
  10. Usahakan gunakan bahan bakar dengan kandungan oktan tinggi.

Dengan menjalankan tips servis diatas, seharusnya Thunder 125 anda sudah bisa menyala dengan baik. Namun sekedar informasi tambahan, mungkin rincian dibawah ini bisa membantu.


Cara pasang Relay Lampu Atau Klakson Keong Thunder 125

Pada umumnya, rangkaian yang dipasang ialah menggunakan 2 relay. Yakni untuk lampu jauh dan lampu dekat.

  • Pada posrt 30, bisa disambungkan ke aki (+), selanjutnya port 86 disambungi pada kabel switch lampu jauh atau dekat.
  • Untuk port 87, disambungkan ke lampu dekat atau jauh, dan port 85 disambungin pada bodi (-).
  • Untuk klakson, port 30 pada aki, 85 dan 86 pada kabel switcth klakson, sedangkan masa negatif klakson pada body.

Mengatasi Masalah Sekring dan Soket Bawah Sadel Thunder 125

Umumnya Thunder 125 juga mempunyai masalah dengan kelistrikan. Dan bisa saja tips berikut bisa mengatasi masalah yang sedang anda alami.
  1. Ketika motor tiba-tiba mati dan sebelumnya terasa tersendat, selanjutnya semua lampu mati. Maka yang terjadi masalah ialah pada bagian sekring. Jadi cek terlebih dahulu sekring, apa kendor atau ada yang putus.
  2. Ketika semua lampu utama dan sein mati, namun lampu kota tetap hidup. Bisa dipastikan bahwa sambungan kabel dibawah tangki ada yang kendor.
  3. Jika ingin memasang aksesoris tambahan, dibawah jok terdapat soket tambahan. Warna merah merupakan positif dari aki, sedangkan untuk hijau dan putih buat arus sein.
  4. Umumnya masalah muncul atau bermula dari korsletnya klakson, jadi kabel harus terpasang lebih rapi.

Mengganti Knalpot Thunder 125

Untuk masalah ini, umumnya bisa disesuaikan dengan selera. Tentu masalah harga bisa menjadi ukuran bagus tidaknya kualitas knalpot.

Setelan klep dan karburator pun nanti akan berubah. Sehingga bisa dikonsultasikan dengan bengkel kepercayaan anda.


Tips Dan Triks Service Sendiri Thunder 125

Hal yang menjadi prioritas ialah dari sisi Engine Conditioner (DCS). Sehingga bisa diterapkan langkah-langkah berikut ini :
  • Pastikan membersihkan saringan udara.
  • Kabel kopling di olesi dengan minyak pelumas.
  • Membersihkan karburator
  • Membersihkan filter (saringan) bensin.
  • Membersihkan ruang bakar (tempat busi)
  • Dan juga tidak lupa mengganti oli.
Untuk pengerjaan, langkah penerapan terbilang sangat sederhana. Jika masih bingung, maka bisa mengikuti tips berikut :
  1. Buka tutup saringan udara, ambil busanya, serta cuci dengan detergen dan diperas hingga benar-benar kering. Lakukan berulang hingga kotoran benar-benar bersih.
  2. Lepas kabel kopling dari handle stang, lumasi dengan oli pada kabel dan biarkan hingga bisa mengalir pada paling bawah.
  3. Lepas karburator, semprotkan DCS pada semua lubang serta buka baut yang mengarah pada karburator (tempat masuknya bensin pertama kali. Semprotkan DCS dan bilas dengan bensin.
  4. Lepas filter bensin dan bersihkan dari kotoran yang menempel.

Dari beberapa tips yang sudah kami jelaskan diatas, mungkin kesemuanya bisa diterapkan sendiri. Namun untuk hasil maksimal, akan lebih baik jika dibawa ke bengkel.

Namun jika hanya untuk perawatan pribadi, mungkin langkah-langkah diatas sudah lebih dari standar.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Cara Service Motor Suzuki Thunder 125 Lengkap. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post