Minggu, 24 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Fungsi Compound Setelah Pengecatan Body Motor pada dasarnya untuk menghaluskan. Namun jika dibahas lebih terperinci, tentu ada beberapa poin yang juga perlu diketahui.

Merangkum dari berbagai sumber di internet, khususnya mengenai fungsi kompon cat yang sangat populer digunakan oleh para mekanik atau tukang cat body motor / mobil.

Secara umum merupakan bahan yang kerap dipakai untuk menghaluskan lapiran car yang masih kasar. Tepatnya ketika selesai pengecatan ulang body motor ataupun mobil.

Sedangkan untuk perawatan, kompon sering digunakan untuk menghilangkan, atau bahkan menyamarkan goresan, garis halus, buram atau adanya lecet pada cat body kendaraan.

Selayaknya amplas namun dengan bentuk yang berbeda, kompon mempunyai sifat untuk mengikis lapisan car. Sehingga pada bagian yang lecet tadi, bisa hilang tersamarkan.

Fungsi Compound Setelah Pengecatan Body Motor

Fungsi Compound Setelah Pengecatan Body Motor

Jika melihat pasaran, kompon tersedia dalam dua jenis atau varian. Yang pertama ialah kompon kasar dengan warna sedikit kekuningan atau cokelat.

Serta yang kedua ialah kompon halus yang secara umum mempunyai warna putih selayaknya gel odol (pasta gigi). Keduanya pun mempunyai fungsi yang berbeda.

1. Fungsi Compound (kompon) Kasar

Jika body motor masih dalam kondisi baru dicat, maka bisa jadi penggunaan kompon menggunakan jenis yang kasar.

Pasalnya, kompon kasar ini sangat umum digunakan untuk menghaluskan lapisan cat yang masih kasar. Seperti halnya kulit jeruk, atau sejenisnya.

Dengan menerapkan kompon kasar, maka permukaan cat akan lebih rata, serta menimbulkan kesan yang lebih mengkilap bagi kendaraan yang baru di cat.

Intinya, tekstur dari kompon kasar ini mempunyai karakter yang lebih mudah mengikis lapisan cat. Sehingga permukaan yang bergelombang pun lebih cepat rata.

2. Fungsi Compound Halus

Berbeda dengan kompon kasar, penggunaan kompon halus umumnya untuk mengikis laisan cat yang tidak terlalu kasar.

Sehingga sangat sering dipakai untuk perawatan cat motor yang sudah mulai buram, tergores, atau untuk cat motor yang sudah mulai memudar warnanya.

Dengan demikian, kondisi cat akan kembali mulus seperti baru, serta tampak lebih kinclong dibanding sebelumnya.

Sekedar Tambahan :
Kompon mempunyai sifat untuk mengikis lapisan cat, sehingga tidak dianjurkan untuk penggunaan secara terus menerus.

Dalam hal ini, penggunaan kompon bisa membuat lapisan cat cepat habis serta warna cat dasar akan tampak. Jadi gunakan sewajarnya saja (jika diperlukan).

Jika hanya untuk perawatan, ada baiknya jika anda membaca 6 Cara Merawat Cat Motor Tetap Mengkilap.

Sehingga bisa mengurangi dampak pengikisan yang disebabkan oleh penggunaan kompon secara terus-menerus.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Fungsi Compound Setelah Pengecatan Body Motor. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post