Rabu, 20 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Penyebab Dari Motor Matic Terasa Bergetar mungkin tidak banyak orang yang tahu. Pasalnya, mereka selalu menganggap bahwa hal tersebut merupakan suatu kondisi yang wajar.

Akan tetapi, tidak sedikit pula kalangan orang yang bertanya terkait dengan penyebab dari kondisi motor bergetar tersebut. Khususnya bagi mereka yang menggunakan motor matic injeksi.

Nah seperti yang kita ketahui, motor matic yang sudah lama atau tinggi jam terbangnya, tentu sangat cenderung untuk mengalami getar ketika melakukan akselerasi.

Pada dasarnya getaran tersebut berasal dari perangkat penerus daya yang disebut dengan CVT (Continous variable Transmision).

Nah, berperan sebagai salah satu tambahan referensi, mungkin beberapa keterangan yang sudah kami rangkum dibawah ini akan sangat membantu.

Penyebab Dari Motor Matic Terasa Bergetar

Penyebab Dari Motor Matic Terasa Bergetar

Menurut yang kami lansir dari berbagai sumber, penyebab dari getaran tersebut ialah pecah atau melelehnya sil pada puli yang ada didepan atau puli roller.

Dalam hal ini, Puli ini mempunyai kinerja dengan cara bergerak menyempit serta melebar sesuai dengan kecepatan motor.

Dikarenakan tugasnya yang terus bergerak, maka sangat wajar jika sil pecah atau bisa saja hingga meleleh.

Hal ini dijelaskan oleh analisa Akbar selaku montir pada bengkel motor Sahabat, Pasar Minggu Jakarta.

Ia menyebut bahwa selain karena gerakan secara terus menerus, suhu mesin yang tinggi juga bisa menjadi faktor penyebab dari melelehnya sil tersebut.

Dalam hal ini, masalah tersebut bisa dideteksi dengan adanya getaran berlebih ketika motor melakukan akselerasi. Hal tersebut dikarenakan puli bergetar pada bos atau hubnya, yang disebabkan pula oleh pecahnya puli.

Bagaimana Cara Mengatasi Motor Matic Yang Bergetar?

Jika mengamati penyebab dari masalah diatas, tentu hal yang perlu dilakukan ialah dengan mengganti sil tersebut.

Pada dasarnya cara untuk memasang sil ini sangatlah mudah. Namun yang sediikit rumit ialah membuka perangkat CVT pada motor.

Langkah yang bisa diterapkan ialah :
  1. Langkah pertama ialah dengan membongkar cover dari CVT.
  2. Setelah terbuka, maka puli roller yang terletak pada sebelah depan bisa dilepas dari posisinya. Dalam hal ini, posisi sil yang pecah terdapat pada piringan puli sebelah dalam atau di rumah roller.
  3. Masih bingung? didalamnya terdapat dua sil, yakni untuk sil luar dan dalam.

Nah, apabila masalah memang benar disebabkan oleh sil atau puli yang pecah (meleleh), maka bisa dilihat jika si tersebut sudah berantakan dan tidak berada pada posisinya.

Dalam hal ini, masalah getar bisa terjadi pada jenis motor apa saja. Sehingga bisa ditangani dengan mengecek salah satu masalah yang kami jelaskan diatas.

Bagaimana? Apa artikel tentang Penyebab Dari Motor Matic Terasa Bergetar kurang membantu? Mungkin anda bisa juga membaca artikel kami yang lain.

Next article Next Post
Previous article Previous Post