Rabu, 20 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Ketika belajar tentang masalah Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak, mungkin yang terpikir ialah dengan mencari referensi di internet.

Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan, maka disini kami akan memberikan rangkuman tersebut untuk anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang bisa diketahui untuk pemecahan masalah tersebut. Seperti apa? Mari kita simak artikel ini hingga selesai.

Penyebab Motor Matic Injeksi Tidak Kuat Nanjak

Penyebab Motor Matic Injeksi Tidak Kuat Nanjak

Menurut yang kami lansir dari berbagai sumber, ada beberapa faktor yang sangat umum menjadi pemicu dari lembeknya tarikan motor.

Dalam hal ini, tentu mempunyai dampak yang signifikan terkait dengan kenyamanan mengendarai sepeda motor.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah, apa saja faktor yang menyebabkan tarikan gas motor, khususnya bagi jenis motor injeksi terasa loyo atau tidak stabil?

Untuk memberikan jawaban yang lebih rinci, berikut kami sudah merangkumnya untuk anda. Simak baik-baik ya!

1. Filter Atau Saringan Udara Kotor

Fungsi dari saringan (filter) udara ini ialah untuk menyaring udara yang masuk pada ruang bakar supaya tidak tercampur dengan kotoran.

Sehingga dalam hal ini, campuran udara beserta bahan bakar menjadi lebih sempurna. Apabila saringan udara tersebut kotor, maka bisa saja menjadikan tarikan motor menjadi lebih berat.

Untuk solusi yang paling sederhana, ialah dengan melakukan pengecekan pada kondisi saringan udara, serta lakukan penggantian sesuai dengan panduan yang tercantum pada servis berkala.

Dalam hal ini, saringan udara mempunyai masa pakai setidaknya hingga 15 ribu km. Akan tetapi, semua tergantung dengan kondisi lingkungan yang menjadikan penggantian bisa lebih cepat atau juga sebaliknya.

Saringan udara pada motor injeksi tidak disarankan dibersihkan, dicuci, atau sejenisnya. Sehingga memang juga sudah waktunya, maka akan lebih baik jika segera diganti.

2. Putaran Stasioner Mesin Tidak Standar

Apabila putaran stasioner mesin sudah kurang standar dari biasanya, maka akan menyebabkan tarikan gas menjadi tidak stabil.

Nah, tarikan gas yang tidak stabil ini, umumnya memperoleh dampak dari putaran stasioner yang sudah terlalu rendah.

Nah, untuk bisa menormalkan kembali putaran stasioner tersebut, maka akan lebih baik jika anda melakukan servis di bengkel resmi.

Hal tersebut bertujuan supaya memperoleh putaran yang lebih ideal. Serta prosesnya pun membutuhkan peralatan khusus.

3. Jarak Kerenggangan Busi Tidak Tepat

Ukuran dari tingkat kerenggangan busi juga ikut berpengaruh pada suhu pengapian busi. Hal ini tentu secara tidak langsung akan berdampak pada pembakaran bahan bakar, serta udara pada mesin.

Terlepas dari itu, pemasangan busi yang tidak tepa, bisa menyebabkan isolator retak, sedangkan untuk cara mengencangkan kembali, maka jangan sampai terlalu keras, sehingga bisa menyebabkan ulir patah.

Hal ini yang sangat umum terjadi pada motor honda, sehingga tarikan pada motor injeksi tersebut tidak akan maksimal.

4. Terjadi Masalah Pada Injektor

Karena ada kotoran atau faktor lain, terkadang injektor juga akan mengalami gangguan. Dalam hal ini, penyebab dari injektor kotor lantaran mengkonsumsi bahan bakar (bensin) yang kurang bagus.

Sehingga efeknya, kualitas dari semprotan bensin juga menjadi kurang baik. Dan pada akhirnya tarikan gas motor pun tidak akan stabil.

Maka dari itu, segera lakukan pengecekan dengan cara melakukan servis pada dealer atau bengkel resmi. Sehingga tarikan motor pun akan kembali normal.

Tips Tambahan Agar Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Berubah :

  • Hindari melakukan pengisian bensin (bahan bakar) eceran yang banyak dijual di pinggir jalan. Pasalnya kemungkinan sudah kotor atau tercampur dengan bahan lain.
  • Gunakan bahan bakar dengan tingkat oktan lebih tinggi. Dalam hal ini kami menganjurkan penggunaan Pertamax.
  • Lakukan servis rutin sesuai buku panduan manual (buku servis) dari dealer. Sehingga tarikan atau setelan motor tidak berubah.
  • Atau paling minimal, anda harus rutin mengganti oli jika motor digunakan setiap hari. Setidaknya penggantian 1 bulan sekali atau sekitar 10 ribu km.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai Penyebab Motor Matic Injeksi Tidak Kuat Nanjak. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Source : https://www.arofiyah.com/2019/11/penyebab-motor-matic-injeksi-tidak-kuat-nanjak.html

Next article Next Post
Previous article Previous Post