Jumat, 29 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng pada dasarnya bisa diketahui dengan mudah. Namun perlu dilakukan pengamatan lebih detail terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui,  rantai motor meruakan komponen yang penting untuk menggerakkan roda pada kendaraan roda dua tersebut.

Fungsinya ialah untuk mentransfer tenaga dari mesin melalui gear depan pada rantai, untuk memutar gear belakang yang terletak pada poros roda.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang juga sempat mengeluh lantaran terjadi masalah pada rantai motor. Salah satunya juga pernah kami bahas pada Cara Menghilangkan Suara Berisik Pada Mesin Motor.

Nah, untuk beberapa maslaah yang sangat umum terjadi pada rantai motor. Ialah rantai tersebut sangat rawan putus ketika sudah mulai aus, menimbulkan suara berisik, atau bahkan terasa kendur kenceng ketika sedang dikendarai.

Secara tidak langsung, kondisi tersebut juga ikut berpengaruh pada performa mesin. Sehingga memerlukan solusi supaya masalah tersebut terselesaikan.

Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng Dan Cara Mengatasinya

Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa yang menjadi penyebab rantai motor kendor kenceng tersebut? Untuk memberikan jawaban yang lebih rinci, maka akan lebih baik jika anda menyimak artikel ini hingga selesai!

Jika dijawab secara ringkas, ada beberapa penyebab yang pada akhirnya bisa membuat rantai kendur kencang sendiri.

Beberapa diantaranya bisa dikarenakan sudah salah melakukan perawatan, pemilihan rantai (onderdil imitasi), atau bisa juga karena faktor lainnya.

Nah, jika memang mengalami kendala seperti hal ini, maka sudah sepatutnya jika anda memahami tentang tata cara perawatan rantai yang benar.

Salah satunya ialah dengan menjaga kelembapan rantai (menyemprot dengan pelumas), membersihkan kotoran yang menempel, dan juga mengganti rantai dengan yang original (sparepart asli.

Untuk mengecek secara terperinci mengenai penyebab rantai kendur kencang, maka bisa menyimak daftar dibawah ini.

1. Periksa Kekencangan Rantai Motor

Jika secara dasar, rantai motor memang tidak dianjurkan untuk di setel terlalu kencang ataupun sebaliknya. Pasalnya ketika terlalu kencang, maka rantai rawan putus, namun jika terlalu kendur, maka rantai tersebut mudah terlepas.

Untuk penyetelan dari tingkat kekenduran tersebut, umumnya tertera pada stiker yang menempel pada bagian samping motor.

Tepatnya pada lokasi dimana anda bisa mengecek kekencangan rantai. Namun jika sudah berpengalaman, bisa juga penyetelannya menggunakan feeling.

2. Periksa Rear Wheel Damper

Bagi anda yang sedikit kurang paham, Rear Wheel Damper ini merupakan karet peredam yang terletak pada bagian poros roda belakang.

Pada kondisi tertentu, atau memang sudah aus, maka posisi gear belakang akan goyang. Hal tersebut juga akan mempunyai pengaruh pada kinerja rantai motor.

Jika memang sudah demikian, maka akan lebih baik jika anda mengganti karet tersebut dengan yang baru.

Tujuannya supaya dudukan gear lebih pas, dan tidak goyah lagi. Sehingga rantai tidak akan mengalami masalah seperti kendur kencang, dll.

3. Rantai Terlalu Kering

Dengan alasan super sibuk, terkadang sebagian orang beralasan jika mereka tidak sempat untuk melakukan perawatan motor. Meski merawat rantai yang terbilang sangat sederhana.

Ketika rantai motor kering, maka kinerja ring tidak berjalan optimal dan terkedang bisa macet dan kaku. Hal tersebutlah yang menjadikan rantai kendur kencang.

Untuk tips sederhanya, anda bisa melumasi rantai dengan oli atau pelumas supaya rantai kembali lembab. Atau bila perlu, lakukan secara berulang.

4. Gear Sudah Aus

Pada kondisi gear depan ataupun belakang sudah aus, maka gerigi dari gear tersebut akan tajam (lancip). Sehingga membuat kinerja dari rantai tidak optimal.

Apalagi tingkat kelancipan rantai tidak merata pada semua bagian. Yang pada akhirnya proses berkendara pun seperti bergoyang.

Untuk itu, silahkan diganti saja gear tersebut dengan yang baru. Secara umum pembelian dari gear dan rantai tersebut sudah dalam satu set. Namun bisa pula dibeli perbiji.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan tentang Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng Dan Cara Mengatasinya. Semoga bisa membantu!

Next article Next Post
Previous article Previous Post