Jumat, 29 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Tips Agar Warna Cat Motor Tidak Cepat Pudar ini merupakan rangkuman dari beberapa sumber di internet. Sehingga bisa dibilang jika artikel yang kami buat lebih lengkap dan detail.

Seperti yang kita ketahui, untuk jaman seperti sekarang sepeda motor bukanlah suatu barang yang terbilang mewah. Pasalnya setiap orang pasti sudah memilikinya.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan setiap rumah, baik kota ataupun desa. Pasti terdapat sepeda motor yang terparkir. Sehingga bisa dikatakan, bahwa tips sederhana ini mungkin akan sangat membantu.

Dalam merawat sepeda motor kesayangan, merupakan hal yang terbilang wajib dilakukan. Khususnya apabila motor tersebut selalu dikendarai setiap hari.

Hal yang paling sederhana pun, seperti halnya Memanaskan Mesin Motor Injeksi, tentu mempunyai pengaruh untuk kinerja dan keawetan dari mesin itu sendiri.

Sedangkan dari sisi lain, ialah mengenai kebersihan body motor. Pasalnya, ketika motor dalam keadaan bersih dan kinclong, akan lebih enak dilihat dan selalu tampak seperti baru.

Terlepas dari itu, anda juga akan lebih percaya diri dalam mengendarinya. Karena motor tampak bersih, tentu mencerminkan kehidupan anda sehari-hari.

Tips Agar Warna Cat Motor Tidak Cepat Pudar

Tips Agar Warna Cat Motor Tidak Cepat Pudar

Terlepas dari menjaja kebersihan motor, merawat cat motor supaya tidak pudar atau buram pun perlu anda lakukan. Untuk sekedar referensi, berikut beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan.

1. Memilih Tempat Parkir Yang Teduh

Secara tidak sadar, banyak orang yang tidak paham jika paparan sinar matahari secara langsung bisa memudarkan warba cat.

Hal tersebut karena radiasi atau panas yang ditimbulkan akan memberikan reaksi pada lapisan cat body motor.

Oleh karena itu, dengan memilih lokasi parkir yang tepat, khususnya yang teduh atau tidak terpapar sinar matahari.

Maka anda sudah mencegah warna motor cepat pudar. Dengan demikian, warna cat motor lebih awet dan tampak seperti baru dalam jangka waktu lebih lama.

2. Rutin Mencuci Motor

Masuk pada poin yang sangat penting, mencuci bodi motor secara rutin juga bisa membuat tampilan motor selalu bersih dan tidak kusam.

Dengan demikian, setidaknya cat motor yang sedikit kusam karena kotor, akan bisa diatasi dan kembali mengkilap seperti biasanya.

Dalam hal ini, setidaknya anda mencuci motor dalam 2 minggu sekali. Dan pada saat mencuci, gunakanlah shampo khusus yang tidak berbahaya untuk cat motor.

Sekedar tambahan, tidak sedikit orang yang mencuci motor dengan sabun cuci (deterjen), padahal kandungan yang ada pada detergen tersebut justru akan membuat cat mudah kusam dan pudar.

3. Segera Cuci Jika Terkena Air Hujan

Apabila motor anda terkena air hujan, atau memang diguyur hujan ketika diperjalanan. Maka segera dicuci atau setidaknya disiram.

Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk mencegah air hujan terlalu lama menempel pada bodi motor.

Dalam hal ini, air hujan mempunyai kandungan garam yang juga bersiat korosif. Sehingga bodi motor akan pudar atau bahkan menjadikan komponen metal pada motor akan berkarat.

Cara sederhana ialah dengan menyiram motor dengan air tawar, dan bersihkan sisa-sisa lumpur atau kotoran yang masih menempel pada bodi motor.

Hindari menggosok bodi motor untuk mengeringkan air hujan. Pasalnya bisa saja masih ada debu yang menempel, sehingga bisa memicu bodi baret, tergores, atau sejenisnya.

4. Bersihkan Motor Dengan Detail

Tidak sedikit orang yang hanya membersihkan motor pada bagian yang terlihat saja. Padahal juga ada beberapa komponen metal yang pada dasarnya memerlukan perawatan.

Untuk menjaga kebersihan setiap detail bodi motor, bisa menggunakan sikat gigi pada area yang tidak terjangkau oleh tangan. Atau bisa juga dengan kuas kecil.

Jika memang ada sedikit sisa oli atau minyak yang masih menempel, maka bisa dibersihkan dengan kain halus yang sebelumnya dibaluri bensin.

5. Poles Motor Jika Diperlukan

Pada postingan sebelumnya, kami juga pernah membahas tentang Fungsi Kompon Untuk Cat Motor. Hal tersebut bisa anda baca sebagai tambahan referensi.

Memoles bodi motor secara rutin juga bisa dilakukan untuk menjaga cat motor tetap mengkilap. Namun tidak bisa secara terus-menerus, pasalnya penggunaan wax ataupun kompon bisa mengikis lapisan cat.

Jadi tips ini bisa digunakan hanya jika diperlukan saja. Jika hanya untuk keperluan pribadi atau tidak ada keinginan menjual motor, alangkah lebih baik jika dijaga kebersihannya saja.

6. Memanfaatkan Cover Atau Penutup Motor

Untuk memaksimalkan perlindungan motor dari debu ataupun paparan sinar matahari, mungkin cover motor akan sangat membantu untuk meminimalisir proses pemudaran cat.

Meski terbilang sederhana, namun penggunaan cover ini terbilang cukup ampuh. Khususnya ketika digunakan untuk menyimpan motor.

Tidak perlu membeli cover, pasalnya anda bisa memaksimalkan alternatif seperti halnya kain sprei yang tidak dipakai, atau yang lainnya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan untuk Tips Agar Warna Cat Motor Tidak Cepat Pudar. Semoga bisa membantu.

Next article Next Post
Previous article Previous Post