Jumat, 15 November 2019

Daftar isi [Tampil]
Untuk Mencegah Dan Mengatasi Rasa Kantuk Ketika Mengendarai Motor, ada beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan.

Mungkin cara yang kami bagikan terbilang sangat sederhana, pasalnya hanya melakukan beberapa langkah yang mungkin secara umum orang sudah paham akan hal tersebut.

Akan tetapi, tidak sedikit pula kalangan orang yang mengabaikan tips dan trik menghilangkan rasa kantuk ini. Sehingga mungkin saja akan berdampak fatal pada segi keselamatan.

Tips Mencegah Dan Mengatasi Rasa Kantuk Ketika Berkendara Motor

Tips Mencegah Dan Mengatasi Rasa Kantuk Ketika Berkendara Motor

Seperti yang kita ketahui, ada begitu banyak faktor yang bisa memicu adanya resiko kecelakaan di jalan raya.

Termasuk juga rasa kantuk yang mendera pada pengendara motor ataupun mobil. Oleh karena itu, akan lebih baik jika pengendara tersebut mengetahui cara-cara khusus.

Tepatnya untuk mengatasi rasa kantuk ketika tengah mengemudi di perjalanan. Nah, untuk lebih mempersingkat waktu, mungkin tips berikut akan sangat membantu.

1. Mengecek Kondisi Motor

Pada dasarnya kondisi motor sangat wajib dikontrol untuk menjaga keselamatan di tengah jalan. Tidak hanya mencegah kantuk, namun pengecekan ini bertujuan menjaga kenyamanan berkendara.

Salah satu yang perlu diperhatikan ialah tingkat angin pada ban, keakuratan rem, dan juga beberapa hal yang menjadi pendukung dari hal tersebut.

2. Membuka Sedikit Kaca Helm

Munculnya rasa kantuk lantaran kurangnya asupan atau kadar oksigen pada otak. Oleh karena itu, hal tersebut bisa diakali dengan membuka sedikit kaca helm (jika fullface) sehingga udara bisa masuk dengan bebas.

Tujuannya ialah untuk menjaga sirkulasi udara pada kepala yang mengenakan helm. Yang pada akhirnya anda akan terjaga dalam kondisi optimal.

Tips ini memang sangat sederhana, namun tidak ada salahnya anda langsung mencoba.

3. Gunakan Helm Sun Glass

Bagi anda pengendara mobil dan juga motor, khususnya ketika berkendara di siang hari. Maka akan lebih baik jika menggunakan sun glass.

Alasannya, paparan sinar matahari secara langsung membuat mata lebih cepat lelah. Bahkan bagi sebagian orang akan terasa pusing.

Dalam hal ini, kaca sun glass mampu meminimalisir intensitas cahaya matahari yang masuk pada mata. Sehingga anda akan terhindar dari rasa kantuk.

4. Tetapkan Batas Waktu Berkendara

Jika tidak dalam kondisi tubuh yang prima, maka sangat tidak dianjurkan mengemudi sepeda motor jarak jauh.

Pasalnya, mengemudi sangat memakan energi dan juga stamina. Sehingga jika tubuh capek, maka bisa saja mempunyai dampak buruk bagi diri sendiri ataupun pengendara lain.

Dalam hal ini, anda tidak perlu memaksakan untuk terus berkendara, khususnya ketika tubuh sudah tidak lagi memungkinkan.

Tips sederhana yang bisa diterapkan ialah dengan memberi batasan berkendara masksimal dengan waktu 2,5 jam.

Pasalnya dalam waktu tersebut, setidaknya ada sudah berkendara dengan jarak 100 hingga 150 km dengan kecepatan normal.

5. Usahakan Istirahat Sejenak

Ketika anda sudah berkendara dengan durasi 2 hingga 3 jam, maka akan lebih baik jika mengambil waktu untuk istirahat terlebih dahulu.

Selain untuk mendinginkan mesin, supaya kinerja tetap maksimal. Tentu bisa anda maksimalkan untuk beberapa hal agar capek (pegal) pada tubuh hilang.

Seperti halnya melakukan peregangan otot atau hal lain yang memungkinkan anda tidak merasa capek.

6. Perbanyak Minum Air

Secara tidak sadar, tubuh akan kehilangan cairan ketika terpapar sinar matahari secara langsung. Bahkan ketika berkendara motor di jalan raya.

Dengan meminum banyak air, setidaknya anda akan berkeringat, serta tidak dihantui rasa kantuk. Yang pada akhirnya proses berkendara anda berjalan optimal.

Bisa pula dibarengi dengan minum kopi atau minuman energi lain untuk mendongkrak stamina tubuh tetap fit.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Tips Mencegah Dan Mengatasi Rasa Kantuk Ketika Berkendara Motor. Semoga bisa membantu!

Next article Next Post
Previous article Previous Post