Senin, 23 Maret 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, setidaknya kita telah mengetahui sedikit mengenai kode plat nomor kendaraan bermotor. Plat nomor kendaraan merupakan identitas dari kendaraan. Dari plat tersebut dengan mudah dapat diketahui mengenai pemiliknya. Salah satunya plat nomor kendaraan DD untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Plat Nomor Kendaraan DD dan Kode Belakangnya
Plat Nomor Kendaraan DD dan Kode Belakangnya
Plat kendaraan terbuat dari potongan logam yang terpasang di bagian depan dan belakang dari kendaraan. Plat tersebut menjadi alat identifikasi yang resmi supaya lebih aman. Namun terdapat tipe kendaraan khusus yang hanya memerlukan satu plat nomor saja yang terpasang di bagian belakang.

Pada plat terdiri dari susunan angka dan huruf tertentu. Selain berfungsi sebagai identifikasi, plat merupakan tanda bahwa kendaraan telah mempunyai izin untuk beroperasi di jalan umum. Disamping itu, juga digunakan sebagai bukti saat membayar pajak kendaraan bermotor.

Plat Nomor Kendaraan DD

Untuk wilayah Sulawesi, kode plat nomor belakang untuk tiap wilayahnya berbeda-beda. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan identitas. Selain itu, supaya memudahkan pihak kepolisian saat akan mengidentifikasi kendaraan. Untuk kode plat nomor kendaraan DD dikhususkan untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Kode plat kendaraan DD ini digunakan untuk wilayah Sulawesi bagian selatan untuk Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Selayar. Warna dari plat disesuaikan dengan jenis kegunaan dan kepemilikannya.

Secara teknis, plat akan memuat tentang dua baris informasi. Baris pertama yang terletak di bagian atas terdiri dari kode wilayah, nomor polisi dan kode akhir wilayah. Sementara untuk baris keduanya berada di bagian bawah terdiri dari tahun akhir masa berlaku.

Semua informasi yang ada di plat nomor kendaraan DD telah tercatat dan terdaftar di Kantor Bersama Samsat. Hal ini dikarenakan plat mempunyai hubungan dengan BPKB atau Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor Dan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. Bagi anda yang mempunyai kendaraan bermotor, diwajibkan untuk memasang plat tersebut dan memperbaruinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Plat Nomor Kendaraan Lainnya:

  1. Plat Nomor Batam
  2. Plat Nomor Papua
  3. Plat Nomor BG

Next article Next Post
Previous article Previous Post