Sabtu, 15 Agustus 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Anda salah satu penggemar Yamaha? Jika iya, pastinya Anda tahu dong merk ini mempunyai motor legendaris yang diberi nama RX Spesial?  Dahulunya, RX Spesial yang hadir dalam segmen motor 2 tak ini disambut begitu hangat oleh penduduk tanah air. Selanjutnya, RX Spesial ini mempunyai penerus yang disebut dengan RX King.
RX King hasil modifikasi kerennya ga basa basi
RX King hasil modifikasi kerennya ga basa basi
Sumber foto: Modifikasi RX King

Bukan hanya namanya saja yang mirip, namun juga ada beberapa hal lain yang membuat keduanya tampak mirip termasuk dalam hal tampilan eksteriornya. Walaupun demikian, keduanya juga mempunyai perbedaan. Nah, perbedan-perbedaan RX Spesial dengan RX King inilah yang bisa Anda ketahui melalui penjelasan berikut.

Daftar Perbedaan RX Spesial dan RX King

1. Usia dan Fitur

Seperti yang sudah disebutkan, RX King adalah generasi penerus RX Spesial. Tentu saja ini membuat usia keduanya berbeda. RX Spesial dahulu dijual sejak tahun 1981 sampai dengan tahun 1983. Sementara untuk RX King, dijualnya sejak tahun 1983 sampai dengan tahun 2009.

Ketika didatangkan dari Jepang, RX Spesial sudah dalam kondisi built up. Berbeda dengan RX King yang hanya box mesinnya saja yang secara utuh didatangkan dari negara sakura tersebut. Sementara perakitannya dilakukan di Indonesia.

RX Spesial juga mengusung half fairing yang membuat batok lampunya berdesain klasik. Adapun RX King, ini tergolong naked bike yang tangki bahan bakarnya berbentuk kotak.

2. Mesin

Daya jual RX Spesial bertambah dengan adanya rem belakang jenis tromol. Rem dengan jenis ini pada waktu itu memang termasuk yang paling canggih. RX Spesial juga disokong oleh mesin 2 stroke dengan kapasitas 115 cc. Perbandingan kompresi mesinnya itu ialah 6:6:1 dan tenaga maksimal yang bisa dihasilkan olehnya sebesar 15,5 tenaga kuda pada 8500 rpm.

Mesin RX Spesial ini sekaligus dilengkapi oleh pendingin udara sehingga bisa Anda pakai menempuh perjalanan yang jaraknya cukup jauh. Berat kosong dari mesin ini sendiri sebesar 94 kg dan sudah dilengkapi tangki bahan bakar berkapasitas mencapai 9,5 liter. Untuk kapasitas tangki olinya sebesar 1,3 liter dan jenis karburator yang digunakan yaitu Mikuni VM 22.

Beralih ke RX King, harus diakui bahwa produk satu ini mempunyai spesifikasi mesin yang lebih canggih dibandingkan dengan pendahulunya itu. Namun di sini harus dipahami juga, RX King ini ada 2 generasi mesin, yang pertama dijual sejak tahun 1983 sampai 2005 dan yang kedua dijual sejak tahun 2006 sampai 2009.
Kokohnya kaki yamaha RX King
Kokohnya kaki yamaha RX King

Untuk mesin generasi pertama, spesifikasinya ialah sebagai berikut:

  • Mesinnya dilengkapi sistem pendingin udara dengan kapasitas 132 cc dengan 1 silinder dan perbandingan kompresi yang lebih besar yaitu 6:9:1
  • Kapasitas tangki bahan bakarnya 9,5 liter sementara kapasitas tangki oli hanya 1 liter
  • Jenis karburatornya VM 26 Mikuni dan besar daya maksimal mesin ialah 18,5 tenaga kuda

Adapun mesin generasi kedua, spesifikasinya ialah sebagai berikut:

  • Mesinnya dilengkapi sistem pendingin udara dengan kapasitas 132 cc dan perbandingan kompresinya 6:9:1
  • Kapasitas tangki bahan bakarnya 9,5 liter sementara kapasitas tangki oli hanya 1 liter
  • Jenis karburatornya VM 26x1 Mikuni  dan besar daya maksimal mesin ialah 18,5 tenaga kuda

Kurang lebih itulah perbedaan antara RX Spesial dengan RX King. Memang perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan mengingat keduanya sama-sama dibekali mesin dengan performa tangguh dan handal. Namun jika harus memilih, Anda lebih berminat dengan RX yang mana?

Next article Next Post
Previous article Previous Post